PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MIN 4 TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an siswa MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Eva Septiani, NIM. 1725143088, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pembimbing Dr. H. Nur Kholis, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MIN 4 Tulungagung. (2) Menjelaskan faktorfaktor yang mempengaruhi peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis case study. Lokasi penelitiannya di MIN 4 Tulungagung dengan subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, dokumentasi dan wawancara. Adapun tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Dalam peran guru yang sudah diterapkan yaitu guru sebagai educator, guru sebagai motivator dan guru sebagai tauladan dalam melaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi sudah sistematis dan sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang ditetapkan. Metode penyampaian yang digunakan adalah metode Klasikal Baca Simak, metode penyampaian ini mempunyai kelebihan dalam penyampaian materi. Kelebihan tersebut terletak pada realisasi untuk mewujudkan peningkatan kemampuan siswa dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Pertama, guru yang bermutu, artinya untuk menjadi guru Qur’an harus memenuhi standart dalam mengajar. Kedua, memeliki sarana pembelajaran yang memadai, hal tersebut sangat berpengaruh pada peran guru untuk memudahkan dalam mengajar. Ketiga dukungan orang tua, orang tua yang terampil dan aktif mengajarkan kembali pelajaran Qur’an di sekolah juga membantu peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.