PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Renda Ariska, 1725143239, 2018 “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung“. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Muhamad Zaini, MA Kata Kunci: Number Head Together, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh terlalu oleh kurangnya semangat dan motivasi belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh belum maksimal, hal ini dikarenakan guru masih menggunkan metode pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti yakin bahwa bahwa dengan digunakannya model pembelajaran Number Head Together mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas IV di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung, teknik samplingnya menggunakan sampling jenuh dengah penentuan sampel dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Sampel yang diambil adalah peserta didik kelas IV B dan kelas IV A MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji manova yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar Matematika peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung yang ditunjukkan dari nilai t_(hitung )= 2,866 dan Sig.(2-tailed) sebesar 0,007. Karena nilai t_(hitung )> t_(tabel )atau 2,866 >2,021 dan Sig.(2-tailed) 0,007 < 0,05 maka