PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SISWA DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG
ctrlnum |
8992 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/</relation><title>PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA
SISWA DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG</title><creator>ADE S RIANTAO, 1721143010</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Menengah</subject><description>ABSTRAK
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga
Terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa di MA AT-Thohiriyah Ngantru
Tulungagung”, ini ditulis oleh Ade S Riantao, NIM. 1721143010. Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib M,Ag,
NIP. 1975055232006041002
Kata Kunci: Pendidikan Agama dalam Keluarga, Kedisiplinan Beragama
Siswa
Penelitian ini dilatarbelakangngi berdasarkan masalah pentingnya pendidikan
Agama dalam keluarga, yang mana bisa mempengaruhi dengan kedisiplinan
beragama pada seorang anak, maka peneliti ingin mengetahui lebih lanjut tentang
pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama
siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. 
Rumusan masalah: (1) Adakah Pengaruh Pendidikan Akidah dalam Keluarga
terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru
Tulungagung? (2) Adakah Pengaruh Pendidikan Ibadah dalam Keluarga terhadap
Kedisiplinan Beragama Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? (3)
Adakah Pengaruh Pendidikan Akhlak dalam Keluarga terhadap Kedisiplinan
Beragama Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung?
Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan akidah dalam
keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa di MA At-Thohiriyah ngantru
tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan ibadah dalam keluarga
terhadap kedisiplinan beragama siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung,
(3) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan akhlak dalam keluarga terhadap
kedisiplinan beragama siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung.
Sedangka manfaat penelitian ini untuk memberikan gambaran secara riil mengenai
kondisi pendidikan agama Islam dalam keluarga peserta didik, serta pengaruhnya
terhadap kedisiplinan beragama peserta didik, sehingga bisa menjadi masukan
untuk mengadakan evaluasi dan pengembangan ke arah yang lebih baik.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas X
dan XI di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung, yang terdiri dari 75 siswa dan
75 wali murid dari semua kelas X dan XI . Dengan teknik penelitian populasi
dengan kata lain tanpa menggunakan sampel. Variabel bebas: Pendidikan akidah
dalam keluarga, pendidikan ibadah dalam keluarga, pendidikan akhlak dalam
keluarga. Variabel terikat: Kedisiplinan Beragama. Sumber data: Responden dan
Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket, teknik analisis data: uji validitas,
reliabilitas, normalitas, linearitas, Uji T dan Uji F dengan bantuan SPSS for
Windows 16.0.
Hasil penelitian: (1) Tidak ada pengaruh yang signifikan pendidikan akidah
dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama Siswa di MA At-Thohiriyah
Ngantru Tulungagung dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa thitung = -
1,673 dan ttabel = 1,976 dengan taraf signifikan 0,05 yang dapat disimpulkan thitung
< ttabel (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Ibadah dalam Keluarga
dengan Kedisiplinan Baragma Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung
yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 2.500 dan ttabel = 1,976 dengan taraf signifikan
0,05 yang dapat disimpulkan thitung > ttabel . (3) Ada pengaruh yang signifikan
antara Pendidikan akhlak dalam Keluarga dengan Kedisiplinan Baragma Siswa di
MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 3.465
dan ttabel = 1,976 dengan taraf signifikan 0,05 yang dapat disimpulkan thitung > ttabel.
(4) Ada pengaruh yang signifikan secara bersam-sama antara pendidikan akidah
dalam keluarga, pendidkan ibadah dalam keluarga dan pendidikan akhlak dalam
keluarga dengan terhadap kedisiplinan beragama siswa di MA At-Thohiriyah
Ngantru Tulungagung, yang ditunjukan oleh nilai Fhitung = 10,703 dan Ftabel = 2,670
dengan sig= 0,000 yang dapat disimpulkan Fhitung > Ftabel atau sig < α (0,05)</description><date>2018-08-15</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/6/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/9/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> ADE S RIANTAO, 1721143010 (2018) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SISWA DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ] </identifier><recordID>8992</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Thesis |
author |
ADE S RIANTAO, 1721143010 |
title |
PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA
SISWA DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG |
publishDate |
2018 |
isbn |
9781721143016 |
topic |
Agama Pendidikan Menengah |
url |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/1/COVER.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/2/ABSTRAK.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/3/DAFTAR%20ISI.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/4/BAB%20I.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/6/BAB%20II.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/5/BAB%20III.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/7/BAB%20IV.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/8/BAB%20V.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/9/BAB%20VI.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8992/ |
contents |
ABSTRAK
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga
Terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa di MA AT-Thohiriyah Ngantru
Tulungagung”, ini ditulis oleh Ade S Riantao, NIM. 1721143010. Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib M,Ag,
NIP. 1975055232006041002
Kata Kunci: Pendidikan Agama dalam Keluarga, Kedisiplinan Beragama
Siswa
Penelitian ini dilatarbelakangngi berdasarkan masalah pentingnya pendidikan
Agama dalam keluarga, yang mana bisa mempengaruhi dengan kedisiplinan
beragama pada seorang anak, maka peneliti ingin mengetahui lebih lanjut tentang
pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama
siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung.
Rumusan masalah: (1) Adakah Pengaruh Pendidikan Akidah dalam Keluarga
terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru
Tulungagung? (2) Adakah Pengaruh Pendidikan Ibadah dalam Keluarga terhadap
Kedisiplinan Beragama Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? (3)
Adakah Pengaruh Pendidikan Akhlak dalam Keluarga terhadap Kedisiplinan
Beragama Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung?
Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan akidah dalam
keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa di MA At-Thohiriyah ngantru
tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan ibadah dalam keluarga
terhadap kedisiplinan beragama siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung,
(3) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan akhlak dalam keluarga terhadap
kedisiplinan beragama siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung.
Sedangka manfaat penelitian ini untuk memberikan gambaran secara riil mengenai
kondisi pendidikan agama Islam dalam keluarga peserta didik, serta pengaruhnya
terhadap kedisiplinan beragama peserta didik, sehingga bisa menjadi masukan
untuk mengadakan evaluasi dan pengembangan ke arah yang lebih baik.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas X
dan XI di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung, yang terdiri dari 75 siswa dan
75 wali murid dari semua kelas X dan XI . Dengan teknik penelitian populasi
dengan kata lain tanpa menggunakan sampel. Variabel bebas: Pendidikan akidah
dalam keluarga, pendidikan ibadah dalam keluarga, pendidikan akhlak dalam
keluarga. Variabel terikat: Kedisiplinan Beragama. Sumber data: Responden dan
Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket, teknik analisis data: uji validitas,
reliabilitas, normalitas, linearitas, Uji T dan Uji F dengan bantuan SPSS for
Windows 16.0.
Hasil penelitian: (1) Tidak ada pengaruh yang signifikan pendidikan akidah
dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama Siswa di MA At-Thohiriyah
Ngantru Tulungagung dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa thitung = -
1,673 dan ttabel = 1,976 dengan taraf signifikan 0,05 yang dapat disimpulkan thitung
< ttabel (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Ibadah dalam Keluarga
dengan Kedisiplinan Baragma Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung
yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 2.500 dan ttabel = 1,976 dengan taraf signifikan
0,05 yang dapat disimpulkan thitung > ttabel . (3) Ada pengaruh yang signifikan
antara Pendidikan akhlak dalam Keluarga dengan Kedisiplinan Baragma Siswa di
MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 3.465
dan ttabel = 1,976 dengan taraf signifikan 0,05 yang dapat disimpulkan thitung > ttabel.
(4) Ada pengaruh yang signifikan secara bersam-sama antara pendidikan akidah
dalam keluarga, pendidkan ibadah dalam keluarga dan pendidikan akhlak dalam
keluarga dengan terhadap kedisiplinan beragama siswa di MA At-Thohiriyah
Ngantru Tulungagung, yang ditunjukan oleh nilai Fhitung = 10,703 dan Ftabel = 2,670
dengan sig= 0,000 yang dapat disimpulkan Fhitung > Ftabel atau sig < α (0,05) |
id |
IOS7171.8992 |
institution |
IAIN Tulungagung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
3120 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung |
library_id |
2406 |
collection |
Institutional Repository of IAIN Tulungagung |
repository_id |
7171 |
city |
TULUNGAGUNG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7171 |
first_indexed |
2019-05-17T02:03:01Z |
last_indexed |
2020-12-19T11:28:50Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686506349124386816 |
score |
17.538404 |