Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII MTsN 2 Tulungagung Pada Materi Aritmatika Sosial Tahun Ajaran 2017/2018” ditulis oleh Dwi Septika Milan Nur Aena, NIM. 1724143084 pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Cooperative Script, Hasil Belajar, Kepercayaan Diri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya rasapercaya diri siswa dalam menyampaikan pendapat di kelas dan rendahnya hasil belajar siswa. masih banyak siswa yang cenderung pasif saat pembelajaran berlangsung. Karena proses pembelajaran didominasi oleh guru yang berceramah. Sehingga siswa tidak dapat mengeksplor kemampuannya secara lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung pada materi aritmatika sosial, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung pada materi aritmatika sosial, (3)mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar matematika dan kepercayaan diri siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung pada materi aritmatika sosial. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimental Design dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Cooperative Script Terhadap hasil belajar matematika dan kepercayaan diri siswa pada materi aritmatika sosial Kelas VII MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII B dan VII C. Data penelitian ini diambil dari nilai post-test dan hasil angket kepercayaan diri siswa, yang kemudian dianalisis menggunakan uji independent sampel t-test dan uji MANOVA. Melalui uji independent sampel t-test dan uji MANOVA dapat diperoleh hasil (1) model pembelajaran Cooperative Script dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) model pembelajaran Cooperative Script dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan diri siswa, dan (3) model pembelajaran Cooperative Script dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dan kepercayaan diri siswa.