Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Materi Keliling dan Luas Lingkaran Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 6 Blitar” ini ditulis oleh Findy Aprilia Halimaturizky dibimbing oleh Dr. Maryono M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Pendekatan Pemecahan Masalah Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya proses kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah, salah satunya dikarenakan pembelajaran yang digunakan masih kurang menunjang siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika dapat diterapkan suatu inovasi dalam pembelajaran. Salah satunya dengan diterapkannya pendekatan pendidikan matematika realistik dan pendekatan pemecahan masalah. Melalui pendekatan pendidikan matematika realistik dan pendekatan pemecahan masalah siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa melalui penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik materi keliling dan luas lingkaran siswa kelas VIII di MTs Negeri 6 Blitar. 2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa melalui penerapan pendekatan pemecahan masalah materi keliling dan luas lingkaran siswa kelas VIII di MTs Negeri 6 Blitar. 3) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik dengan pendekatan pemecahan masalah materi keliling dan luas lingkaran siswa kelas VIII di MTs Negeri 6 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar hasil belajar matematika siswa setelah diberi perlakuan berupa pendekatan pendidikan matematika realistik dan pendekatan pemecahan masalah. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama siswa yang dijadikan sampel penelitian dan nilai ulangan harian materi sebelumnya (materi bangun ruang sisi datar). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan uji t-test disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik dan pendekatan pemecahan masalah materi keliling dan luas lingkaran siswa kelas VIII di MTs Negeri 6 Blitar. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya agar lebih menyiapkan materi yang lebih matang sehingga dalam penerapan pendekatan pembelajaran pendidikan matematika realistik maupun pendekatan pemecahan masalah dapat berjalan dengan lancar dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.