PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD AL IRSYAD AL ISLAMIYAH TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nuning Puspita Haryani, 1725143222, 2018 “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung“. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Muhamad Zaini, MA Kata Kunci: Make a Match, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh terlalu pasifnya peserta didik dalam proses pembelajaran yang diakibatkan oleh kurangnya semangat dan motivasi belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh belum maksimal, hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Oleh karena itu, peneliti beranggapan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran baru diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar sehingga hasil belajar juga meningkat. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap motivasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV di SD Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV di SD Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap motivasi dan hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV di SD Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu , Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung, teknik sampling menggunakan sampling jenuh dengan penentuan sampel dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Sampel yang diambil adalah peserta didik kelas IV B dan kelas IV A SD Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji manova yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap motivasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas IV SD Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung yang ditunjukkan dari nilai