PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MI AL-ISHLAH TIUDAN GONDANG TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mu’azarotul Husna, 1725143184, Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Ice Breaking, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan Ice Breaking untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah ada pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung?, (2) Apakah ada pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung?, (3) Apakah ada pengaruh ice breaking terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh ice breaking terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan gondang tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung dengan jumlah 255 peserta didik, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas III-A dengan jumlah 22 peserta didik dan III-B dengan jumlah 23 peserta didik di MI Al-Ishlah Tiudan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar diperoleh rata-rata nilai angket kelas eksperimen lebih besar dari nilai angket kelas kontrol yaitu 86,86 > 74 dan hasil uji manova angket motivasi diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H_o ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan ice breaking terhadap motivasi belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung, (2) Hasil pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen lebih besar dari nilai post test kelas control yaitu 89,95>77,04 dan hasil uji manova angket motivasi diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H_o ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan ice breaking terhadap hasil belajar peserta didik MI Al-Ishlah Tiudan gondang tulungagung, (3) Hasil pengaruh ice breaking terhadap motivasi dan hasil belajar yaitu angket motivasi dan post test dengan uji manova diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H_o ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan ice breaking terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MI Al-ishlah Tiudan Gondang Tulungagung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika ice breaking digunakan dalam pembelajaran, maka motivasi dan hasil belajar peserta didik di MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung meningkat.