PENGARUH PROGRAM STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAKUL KARIMAH (SKUA) TERHADAP KETAATAN IBADAH SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) terhadap Ketaatan Ibadah Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Muhammad Syaifudin (1721143289) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata kunci: Program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA), Ketaatan Ibadah Tujuan diadakannya program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) adalah untuk memberikan penguatan terhadap materi pendidikan agama islam. Sebagaimana kita tahu bahwa pendidikan agama islam adalah pemberian bimbingan kepada peserta didik yang mana diharapkan peserta didik dapat memahami materi tertentu dalam pendidikan agama islam juga diharapkan mereka dapat mengamalkannya dikehidupan sehari-hari. Dengan demikian akan muncul karakter taat beribadah dalam diri peserta didik. Dalam hal ini peneliti menganalisa program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) dan ketaatan ibadah. Karena program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) dirasa memiliki peran penting dalam mempengaruhi ketaatan ibadah siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh antara program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) terhadap ketaatan ibadah mahdhah siswa kelas X MAN 3 Blitar? (2) Adakah pengaruh antara program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) terhadap ketaatan ibadah ghairu mahdhah siswa kelas X MAN 3 Blitar? (3) Adakah pengaruh antara program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) terhadap ketaatan ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah siswa kelas X MAN 3 Blitar secara bersama-sama? Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional dengan variabel terikatnya adalah ketaatan ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah dan variabel bebasnya adalah program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA). Dalam pengambilan sampel digunakan teknik random sampling. Metode analisis data penelitian ini menggunakan dua tahap yaitu analisis awal dan analisis akhir. Analisis awal berupa uji normalitas dan uji linieritas. Sedangkan analisis akhir menggunakan analisis uji regresi linier sederhana untuk hipotesis 1 dan 2 dan analisis uji manova untuk hipotesis 3. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) thitung = 4,105 > nilai ttabel 1,991 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima, yakni terdapat pengaruh yang signifikan program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) terhadap ketaatan ibadah mahdhah siswa. (2) thitung = 5,020 > ttabel = 1,991 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima, yakni terdapat pengaruh yang signifikan program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) terhadap ketaatan ibadah ghairu mahdhah siswa. (3) melalui hasil uji manova dapat diketahui bahwa 4 nilai P Value semuanya menunjukkan angka < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima, yakni terdapat pengaruh yang signifikan program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) terhadap ketaatan ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah siswa secara bersama-sama.