Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darunnajah Tanggunggunung Tulungagung” ditulis oleh Pipit Septiana Ningsih dibimbing oleh: Dr. H. Muh. Kharis M.Pd Kata Kunci: Strategi guru, akhlakul karimah Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik melalui uswah (keteladanan) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darunnajah Tanggunggunung Tulungagung; 2. Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik melalui ta’widiyah (pembiasaan) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darunnajah Tanggunggunung Tulungagung; 3. Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik melalui mau’izah (nasehat) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darunnajah Tanggunggunung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi meode), dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian 1) Strategi guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik melalui uswah (keteladanan) adalah sebagai berikut a) guru selalu datang tepat waktu, b) guru mengucapkan salam dan berjabat tangan, c) guru selalu berpakaian rapi dan sopan, d) guru selalu mengikuti setiap kegiatan keagamaan bersama-sama dengan peserta didik. 2) Strategi guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik melalui ta’widiyah (pembiasaan) adalah sebagai berikut a) guru membiasakan peserta didik berdo’a dan membaca asmaul husna, b) guru membiasakan peserta didik menggunakan bahasa jawa (krama inggil) dalam berkomunikasi, c) guru membiasakan peserta didik melaksanakan shalat dhuha dan dhuhur berjama’ah, d) guru membiasakan peserta didik menjaga kebersihan lingkungan sekolah, e) guru membiasakan peserta didik melaksanakan kegiatan istighosah pada event-event tertentu, f) guru membiasakan peserta didik mengikuti kegiatan PHBI yang diselenggarakan sekolah. 3) Strategi guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik melalui mau’izah (nasehat) adalah sebagai berikut a) guru memberikan nasehat disela-sela pembelajaran, b) guru memberikan nasehat melalui teguran dan hukuman, c) guru memberikan nasehat melalui pendekatan personal, d) guru memberikan nasehat dengan menceritakan kisah-kisah yang berkaitan dengan akhlakul karimah.