PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII MATERI LINGKARAN DI MTsN 4 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII Materi Lingkaran di MTsN 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Roisatun Nisak, NIM. 1724143218, pembimbing Ummu Sholihah, M. Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, NHT, Komunikasi Matematis. Banyak siswa yang menganggap bahwa matematika itu sulit. Selain itu, juga masih banyak guru yang belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai, serta banyak siswa yang belum bisa menuangkan informasi yang didapatnya dari suatu permasalahan matematika ke dalam bahasanya sendiri. Dari masalah tersebut mengakibatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menjadi rendah. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah model pembelajaran kooperatif, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan Numbered Heads Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII materi lingkaran di MTsN 4 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII materi lingkaran di MTsN 4 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis quasi eksperiment design, populasinya adalah siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 276 siswa. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Hal ini karena thitung (2,296) ≥ ttabel (1,992) pada taraf signifikansi 5%. (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan nilai rata-rata (34,18 ˃ 30).