Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rejotangan Tahun Pelajaran 2017/2018 Materi Lingkaran” ini ditulis oleh Eva Fitria, NIM. 1724143093, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: PQ4R, Motivasi belajar, Hasil Belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya peran guru dalam menerapkan sebuah metode yang tepat dalam sebuah pembelajaran. Pelajaran matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa. Persepsi tersebut memungkinkan timbul dampak negatif seperti rendahnya motivasi siswa dalam belajar matematika yang berakibat pada buruknya hasil belajar mereka. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa di SMPN 1 Rejotangan apabila diterapkannya metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017/2018 materi lingkaran? (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017/2018 materi lingkaran? (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017/2018 materi lingkaran? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen design. Dengan mengambil sampel yaitu kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebaga kelas eksperimen. Pada kelas kontrol mengunakan pembelajaran konvensional sedangkan pada kelas eksperimen mengunakan metode pembelajaran PQ4R. Metode pengambilan data dengan mengunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa SMPN 1 Rejotangan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa SMPN 1 Rejotangan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan (1)ada pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017/2018 materi lingkaran dengan nilai t_hitung (2,625)> t_tabel (2.000) (2)ada pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017/2018 materi lingkaran dengan nilai t_hitung (2.415 )> t_tabel (2.000) (3)ada pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017/2018 materi lingkaran.