PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI HIDAYATUL MUB’TADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa MI Hidayatul Mub’tadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” oleh Dwi Utanti, NIM.1725143069, Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa semua orang tua pasti menginginkan pendidikan anaknya baik, sehingga dia memperhatikan dan mengoptimalkan untuk pendidikan anaknya. Adanya kebutuhan ini maka manusia terdorong untuk memenuhinya. Dorongan ini yang disebut dengan motivasi. Dalam hal ini, tentu peranan motivasi sangatlah penting. Bagaimana guru melakukan usaha–usaha untuk dapat menumbuhkan dan memberikan motivasi agar siswa melakukan aktivitas belajar dengan baik. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI Hidayatul Mub’tadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI Hidayatul Mub’tadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasinya pada MI Hidayatul Mub’tadiin Wates Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 220 siswa. menggunakan teknik purposive random sampling. Sampelnya 79 siswa. Metode penelitian data dengan angket dan dokumentasi. Semua instrument telah memenuhi syarat sebagai syarat pengukuran, karena telah di uji cobakan sehingga telah memenuhi syarat uji validitas menggunakan korelasi product dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach, serta telah lulus dari uji prasyarat. Analisis data menggunakan uji-T dan persentase besar pengaruh menggunakan koefisien determinasi Adjuster R Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar dibuktikan dari nilai Thitung > Ttabel yaitu 3,731 > 1,9915 dan Sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 (dengan taraf 5%). (2) Besar pengaruh Koefisien determinasi Adjusted R square 35,9 % sehingga pengaruh motivasi belajar (X), terhadap prestasi belajar (Y) adalah lemah positif artinya jika variable X naik maka variable Y tidak naik secara lemah atau secara bersama semua variabel akan naik secara signifikan dan sisanya sebesar 65,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan.