ctrlnum 8497
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/</relation><title>PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI DI SMK PGRI 1&#xD; TULUNGAGUNG</title><creator>NIABATUL &#x2018;IZZA, 1721143302</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Tinggi</subject><description>ABSTRAK&#xD; Skripsi ini dengan judul &#x201C;Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung&#x201D;, ini ditulis oleh Niabatul &#x2018;Izza NIM 1721143302. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz M.Pd.I.&#xD; &#xD; Kata Kunci : Sumber Belajar, Prestasi Belajar Siswa&#xD; Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat telah membawa pengaruh dan perubahan bagi kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Sehingga guru dalam pengajarannya dapat memanfaatkan sumber belajar sebagai jalan untuk memberi atau menyampaikan materi pelajaran kepada siswanya. Semakin guru kreatif dalam memanfaatkan sumber belajar, maka akan lebih baik pula daya serap siswa terhadap materi pelajaran, sehinggga prestasi belajar siswa menjadi lebih baik dan lebih meningkat.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar cetak terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar lingkungan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar cetak dan lingkungan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung?&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi dengan populasi sebesar 271 siswa kelas X SMK PGRI 1 Tulungagung dengan jumlah sampel diambil sebesar 25% dari jumlah populasi yaitu berjumlah 68 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu sumber belajar dan variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan uji regresi linear sederhana, linear berganda, dan uji-F.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sumber belajar cetak terhadap prestasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang signfikan dengan dibuktikan dari hasil thitung &gt; ttabel atau 2,323 &gt; 1,996 dan tsig &lt; &#x3B1; atau 0,000 &lt; 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (2) sumber belajar lingkungan terhadap prestasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang signfikan dengan dibuktikan dari hasil thitung &gt; ttabel atau 2,257 &gt; 1,996 dan tsig &lt; &#x3B1; atau 0,000 &lt; 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (3) sumber belajar cetak dan lingkungan terhadap prestasi belajar siswa bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan dengan dibuktikan dari hasil Fhitung &gt; Ftabel atau 5,843 &gt; 3,99 dan Fsig &lt; &#x3B1; atau 0,000 &lt; 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.</description><date>2018-07-26</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/9/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> NIABATUL &#x2018;IZZA, 1721143302 (2018) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ] </identifier><recordID>8497</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author NIABATUL ‘IZZA, 1721143302
title PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG
publishDate 2018
isbn 9781721143306
topic Agama
Pendidikan Tinggi
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/4/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/5/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/6/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/7/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/8/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/9/BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8497/
contents ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung”, ini ditulis oleh Niabatul ‘Izza NIM 1721143302. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz M.Pd.I. Kata Kunci : Sumber Belajar, Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat telah membawa pengaruh dan perubahan bagi kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Sehingga guru dalam pengajarannya dapat memanfaatkan sumber belajar sebagai jalan untuk memberi atau menyampaikan materi pelajaran kepada siswanya. Semakin guru kreatif dalam memanfaatkan sumber belajar, maka akan lebih baik pula daya serap siswa terhadap materi pelajaran, sehinggga prestasi belajar siswa menjadi lebih baik dan lebih meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar cetak terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar lingkungan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar cetak dan lingkungan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi dengan populasi sebesar 271 siswa kelas X SMK PGRI 1 Tulungagung dengan jumlah sampel diambil sebesar 25% dari jumlah populasi yaitu berjumlah 68 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu sumber belajar dan variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan uji regresi linear sederhana, linear berganda, dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sumber belajar cetak terhadap prestasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang signfikan dengan dibuktikan dari hasil thitung > ttabel atau 2,323 > 1,996 dan tsig < α atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (2) sumber belajar lingkungan terhadap prestasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang signfikan dengan dibuktikan dari hasil thitung > ttabel atau 2,257 > 1,996 dan tsig < α atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (3) sumber belajar cetak dan lingkungan terhadap prestasi belajar siswa bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan dengan dibuktikan dari hasil Fhitung > Ftabel atau 5,843 > 3,99 dan Fsig < α atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
id IOS7171.8497
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:56Z
last_indexed 2020-12-19T11:28:41Z
recordtype dc
_version_ 1686506346084564992
score 17.538404