ctrlnum 8483
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/</relation><title>Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar PAI di SMPN 1 Selopuro Blitar</title><creator>Yefi Indraswari, 1721143420</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Islam</subject><description>ABSTRAK &#xD; &#xD; Skripsi dengan judul &#x201C;Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar PAI di SMPN 01 Selopuro Blitar&#x201D; ini ditulis oleh Yefi Indraswari, NIM 1721143420, pembimbing Bapak Dr. Fathul Mujib, M.Ag. &#xD; &#xD; Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar &#xD; &#xD; Pada lapangan penelitian dijumpai penerapan model pembelajaran konvensional dan guru Pendidikan Agama Islam dalam usia pensiun. Sehingga peserta didik pasif pada saat proses pembelajaran. &#xD; Penelitian ini memiliki rumusan masalah penelitian, yaitu (1) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah afektif siswa di SMPN 01 Selopuro Blitar? (2) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah kognitif siswa di SMPN 01 Selopuro Blitar? (3) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa di SMPN 01 Selopuro Blitar? &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah afektif siswa SMPN 01 Selopuro Blitar (2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah kognitif siswa SMPN 01 Selopuro Blitar (3) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa SMPN 01 Selopuro Blitar. &#xD; Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VII SMPN 01 Selopuro Blitar. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII E (kelas ekperimen) dan kelas VII F (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan penilaian diri, tes, portofolio, dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik menggunakan independent samples test pada SPSS 23. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah afektif siswa SMPN 01 Selopuro Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan thitung &gt; ttabel yaitu 3,020 &gt; 1,67528 dan sig. 2 tailed = 0,004 &lt; 0,05. Rata-rata kelas eksperimen 3,150 dan rata-rata kelas kontrol 2,886. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah kognitif siswa SMPN 01 Selopuro Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil posttest thitung &gt; ttabel, yaitu 2,975 &gt; 1,67528 dan sig. 2 tailed &lt; 0,05 yaitu 0,004 &lt; 0,05. Rata-rata kelas eksperimen pretest 68,93 posttest 84,64. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata pretest 70,40 dan posttest 76,40. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa &#xD; SMPN 01 Selopuro Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan thitung &gt; ttabel, yaitu yaitu 3,168 &gt; 1,67528 dan sig. 2 tailed &lt; 0,05 yaitu 0,03 &lt; 0,05. Rata-rata kelas eksperimen 3,164 dan kelas kontrol 2,852.</description><date>2018-04-18</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/3/DAFRTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/9/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Yefi Indraswari, 1721143420 (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar PAI di SMPN 1 Selopuro Blitar. [ Skripsi ] </identifier><recordID>8483</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author Yefi Indraswari, 1721143420
title Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar PAI di SMPN 1 Selopuro Blitar
publishDate 2018
isbn 9781721143429
topic Agama
Pendidikan Islam
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/3/DAFRTAR%20ISI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/4/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/5/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/6/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/7/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/8/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/9/BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8483/
contents ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar PAI di SMPN 01 Selopuro Blitar” ini ditulis oleh Yefi Indraswari, NIM 1721143420, pembimbing Bapak Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar Pada lapangan penelitian dijumpai penerapan model pembelajaran konvensional dan guru Pendidikan Agama Islam dalam usia pensiun. Sehingga peserta didik pasif pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki rumusan masalah penelitian, yaitu (1) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah afektif siswa di SMPN 01 Selopuro Blitar? (2) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah kognitif siswa di SMPN 01 Selopuro Blitar? (3) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa di SMPN 01 Selopuro Blitar? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah afektif siswa SMPN 01 Selopuro Blitar (2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah kognitif siswa SMPN 01 Selopuro Blitar (3) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa SMPN 01 Selopuro Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VII SMPN 01 Selopuro Blitar. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII E (kelas ekperimen) dan kelas VII F (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan penilaian diri, tes, portofolio, dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik menggunakan independent samples test pada SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah afektif siswa SMPN 01 Selopuro Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 3,020 > 1,67528 dan sig. 2 tailed = 0,004 < 0,05. Rata-rata kelas eksperimen 3,150 dan rata-rata kelas kontrol 2,886. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah kognitif siswa SMPN 01 Selopuro Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil posttest thitung > ttabel, yaitu 2,975 > 1,67528 dan sig. 2 tailed < 0,05 yaitu 0,004 < 0,05. Rata-rata kelas eksperimen pretest 68,93 posttest 84,64. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata pretest 70,40 dan posttest 76,40. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa SMPN 01 Selopuro Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan thitung > ttabel, yaitu yaitu 3,168 > 1,67528 dan sig. 2 tailed < 0,05 yaitu 0,03 < 0,05. Rata-rata kelas eksperimen 3,164 dan kelas kontrol 2,852.
id IOS7171.8483
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:55Z
last_indexed 2020-12-19T11:28:41Z
recordtype dc
_version_ 1686506345984950272
score 17.538404