ctrlnum 8439
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/</relation><title>PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED&#xD; HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL&#xD; BELAJAR AL-QUR&#x2019;AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V&#xD; MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL&#xD; TULUNGAGUNG</title><creator>AHMAD JARIR ATTHABARI, 2817133006</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>ABSTRAK&#xD; Skripsi ini dengan judul &#x201C;Penerapan Model Kooperatif&#xD; Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Quran&#xD; Hadits Siswa Kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol&#xD; Tulungagung&#x201D;. Ditulis oleh Ahmad Jarir Atthabari NIM:2817133006, dibimbing&#xD; oleh Drs.H. Nurul Hidayat, M.Ag.&#xD; Kata kunci : Numbered Head Together, Hasil Belajar.&#xD; Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran Al-Qur&#x2019;an&#xD; Hadits di sekolah, yang hasil belajar siswa masih relatif rendah. Dalam hal ini&#xD; peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan&#xD; pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Penerapan pembelajaran&#xD; kooperatif tipe Numbered Head Together dalam proses belajar mengajar diharap&#xD; dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar Al-Qur&#x2019;an Hadits, sehingga&#xD; hasil belajar siswa dapat meningkat.&#xD; Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana&#xD; peningkatan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur&#x2019;an&#xD; Hadits materi memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui&#xD; penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul&#xD; Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan&#xD; keaktifan peserta didik dalam kegiatan Al-Qur&#x2019;an Hadits pokok bahasan&#xD; memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan&#xD; pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas V MI&#xD; Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana&#xD; peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan Al-Qur&#x2019;an Hadits pokok&#xD; bahasan memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan&#xD; pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas V MI&#xD; Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?&#xD; Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui&#xD; peningakatan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur&#x2019;an&#xD; Hadis materi memahami arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui&#xD; penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul&#xD; Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui peningakatan&#xD; keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits materi&#xD; memahami arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan Model&#xD; Kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari&#xD; Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar&#xD; peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits materi memahami&#xD; arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan Model Kooperatif&#xD; tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari&#xD; Sumbergempol Tulungagung.&#xD; Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua&#xD; siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,&#xD; pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI&#xD; Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan&#xD; dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan&#xD; lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data,&#xD; penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam&#xD; penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan&#xD; yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif&#xD; tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur&#x2019;an Hadits&#xD; siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kerjasama siswa pada siklus&#xD; I 55,00% yang tergolong pada kategori kurang, kemudian pada siklus II 90,00 %&#xD; yang tergolong pada kategori sangat baik. Dan peningkatan aktivitas siswa pada&#xD; siklus I 77,78% yang tergolong pada kategori baik kemudian pada siklus II&#xD; meningkat menjadi 86,67% yang tergolong pada kategori sangat baik. Serta&#xD; peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil&#xD; belajar pada tes akhir siklus I adalah 79,80 (73,91%) yang berada pada kriteria&#xD; baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 84,58 (95,65%) dan berada pada&#xD; kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 4,78. Dari data&#xD; tersebut terlihat bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head&#xD; Together dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur&#x2019;an Hadits materi memahami&#xD; arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik siswa kelas V MI Roudlotul Ulum&#xD; Jabalsari Sumbergempol Tulungagung.</description><date>2018-07-23</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/7/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/8/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/9/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> AHMAD JARIR ATTHABARI, 2817133006 (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR&#x2019;AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ] </identifier><recordID>8439</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author AHMAD JARIR ATTHABARI, 2817133006
title PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG
publishDate 2018
isbn 9782817133003
topic Agama
Pendidikan Dasar
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/4/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/5/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/7/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/8/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/9/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/
contents ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Quran Hadits Siswa Kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung”. Ditulis oleh Ahmad Jarir Atthabari NIM:2817133006, dibimbing oleh Drs.H. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata kunci : Numbered Head Together, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran Al-Qur’an Hadits di sekolah, yang hasil belajar siswa masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadits, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik dalam kegiatan Al-Qur’an Hadits pokok bahasan memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan Al-Qur’an Hadits pokok bahasan memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningakatan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadis materi memahami arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui peningakatan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi memahami arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi memahami arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kerjasama siswa pada siklus I 55,00% yang tergolong pada kategori kurang, kemudian pada siklus II 90,00 % yang tergolong pada kategori sangat baik. Dan peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 77,78% yang tergolong pada kategori baik kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86,67% yang tergolong pada kategori sangat baik. Serta peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 79,80 (73,91%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 84,58 (95,65%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 4,78. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung.
id IOS7171.8439
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:55Z
last_indexed 2020-12-19T11:28:41Z
recordtype dc
_version_ 1686506345674571776
score 17.538404