PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG
ctrlnum |
8439 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/</relation><title>PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED
HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V
MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL
TULUNGAGUNG</title><creator>AHMAD JARIR ATTHABARI, 2817133006</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>ABSTRAK
Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Kooperatif
Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Quran
Hadits Siswa Kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol
Tulungagung”. Ditulis oleh Ahmad Jarir Atthabari NIM:2817133006, dibimbing
oleh Drs.H. Nurul Hidayat, M.Ag.
Kata kunci : Numbered Head Together, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran Al-Qur’an
Hadits di sekolah, yang hasil belajar siswa masih relatif rendah. Dalam hal ini
peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Penerapan pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together dalam proses belajar mengajar diharap
dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadits, sehingga
hasil belajar siswa dapat meningkat.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana
peningkatan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an
Hadits materi memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui
penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul
Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan
keaktifan peserta didik dalam kegiatan Al-Qur’an Hadits pokok bahasan
memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan
pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas V MI
Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana
peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan Al-Qur’an Hadits pokok
bahasan memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan
pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas V MI
Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui
peningakatan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an
Hadis materi memahami arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui
penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul
Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui peningakatan
keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi
memahami arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan Model
Kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari
Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi memahami
arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan Model Kooperatif
tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari
Sumbergempol Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI
Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan
dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam
penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan
yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif
tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits
siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kerjasama siswa pada siklus
I 55,00% yang tergolong pada kategori kurang, kemudian pada siklus II 90,00 %
yang tergolong pada kategori sangat baik. Dan peningkatan aktivitas siswa pada
siklus I 77,78% yang tergolong pada kategori baik kemudian pada siklus II
meningkat menjadi 86,67% yang tergolong pada kategori sangat baik. Serta
peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil
belajar pada tes akhir siklus I adalah 79,80 (73,91%) yang berada pada kriteria
baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 84,58 (95,65%) dan berada pada
kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 4,78. Dari data
tersebut terlihat bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head
Together dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi memahami
arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik siswa kelas V MI Roudlotul Ulum
Jabalsari Sumbergempol Tulungagung.</description><date>2018-07-23</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/7/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/8/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/9/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> AHMAD JARIR ATTHABARI, 2817133006 (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ] </identifier><recordID>8439</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Thesis |
author |
AHMAD JARIR ATTHABARI, 2817133006 |
title |
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED
HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V
MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL
TULUNGAGUNG |
publishDate |
2018 |
isbn |
9782817133003 |
topic |
Agama Pendidikan Dasar |
url |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/1/COVER.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/2/ABSTRAK.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/3/DAFTAR%20ISI.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/4/BAB%20I.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/5/BAB%20II.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/7/BAB%20III.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/8/BAB%20IV.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/9/BAB%20V.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8439/ |
contents |
ABSTRAK
Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Kooperatif
Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Quran
Hadits Siswa Kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol
Tulungagung”. Ditulis oleh Ahmad Jarir Atthabari NIM:2817133006, dibimbing
oleh Drs.H. Nurul Hidayat, M.Ag.
Kata kunci : Numbered Head Together, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran Al-Qur’an
Hadits di sekolah, yang hasil belajar siswa masih relatif rendah. Dalam hal ini
peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Penerapan pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together dalam proses belajar mengajar diharap
dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadits, sehingga
hasil belajar siswa dapat meningkat.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana
peningkatan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an
Hadits materi memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui
penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul
Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan
keaktifan peserta didik dalam kegiatan Al-Qur’an Hadits pokok bahasan
memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan
pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas V MI
Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana
peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan Al-Qur’an Hadits pokok
bahasan memahami arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan
pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas V MI
Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui
peningakatan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an
Hadis materi memahami arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui
penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul
Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui peningakatan
keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi
memahami arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan Model
Kooperatif tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari
Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi memahami
arti hadits tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan Model Kooperatif
tipe Numbered Head Together kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari
Sumbergempol Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI
Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan
dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam
penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan
yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif
tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits
siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kerjasama siswa pada siklus
I 55,00% yang tergolong pada kategori kurang, kemudian pada siklus II 90,00 %
yang tergolong pada kategori sangat baik. Dan peningkatan aktivitas siswa pada
siklus I 77,78% yang tergolong pada kategori baik kemudian pada siklus II
meningkat menjadi 86,67% yang tergolong pada kategori sangat baik. Serta
peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil
belajar pada tes akhir siklus I adalah 79,80 (73,91%) yang berada pada kriteria
baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 84,58 (95,65%) dan berada pada
kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 4,78. Dari data
tersebut terlihat bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head
Together dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi memahami
arti Hadits tentang ciri-ciri orang munafik siswa kelas V MI Roudlotul Ulum
Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. |
id |
IOS7171.8439 |
institution |
IAIN Tulungagung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
3120 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung |
library_id |
2406 |
collection |
Institutional Repository of IAIN Tulungagung |
repository_id |
7171 |
city |
TULUNGAGUNG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7171 |
first_indexed |
2019-05-17T02:02:55Z |
last_indexed |
2020-12-19T11:28:41Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686506345674571776 |
score |
17.538404 |