PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 01 Sumbergempol Tahun Ajaran 2016/2017” ditulis oleh Muhammad Hamim Wahyudi dibimbing oleh Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Kooperatif, Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Fenomena hasil belajar siswa yang rendah disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, di mana guru lebih aktif menjelaskan dan siswa hanya mendengarkan. Untuk meningkatkan hasil belajar dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dapat menggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang mana model pembelajaran tersebut melibatkan siswa aktif dalam berkelompok dengan kepala bernomor, bertukar pendapat, berdiskusi, seminar, dan menyelesaikan masalah secara individu. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Matematika siswa materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII SMPN 01 Sumbergempol. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Matematika siswa materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII SMPN 01 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen semu, populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 01 Sumbergempol berjumlah 366 siswa, teknik samplingnya adalah simple random sampling, sampelnya siswa kelas VIII G dan VIII H, metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan tes, analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Matematika siswa materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 01 Sumbergempol. Hal ini berdasarkan pada pengujian hipotesis menggunakan independent samples t-test, diperoleh nilai t_hitung (4,2578)>t_tabel (1,993) pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Matematika siswa materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 01 Sumbergempol adalah 1,02 di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s adalah 84% termasuk dalam kategori Medium atau sedang.