Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Untuk Mengembangkan Keterampilan Keislaman Siswa Di Madrsah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar” ini ditulis oleh Nuril „Ilma Rosyida, NIM. 1721143323, pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Ekstrakurikuler Keagamaan, Keterampilan Keislaman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, kiranya perlu ada perhatian khusus terhadap pengembangan keterampilan keislaman yang dimiliki oleh siswa, sehingga guru harus benar-benar memahami bakat yang dimiliki siswa terhadap ekstrakurikuler keagamaan yang diajarkannya, harus ada tindak lanjut dari guru apabila strategi yang diberikan kepada siswanya tidak berpengaruh terhadap perkembangan keterampilan keislamannya, dengan menggunakan strategi yang tepat, karena guru dituntut harus mampu memotivasi siswanya agar dapat belajar dengan baik dan memiliki prestasi yang baik pula. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru ektrakurikuler keagamaan mengembangkan keterampilan keagamaan siswa melalui seni rebana/hadrah di MTsN 4 Blitar? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler keagamaan untuk mengembangkan keterampilan keislaman siswa di MTsN 4 Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi guru ektrakurikuler keagamaan dan faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler keagamaan untuk mengembangkan ketrampilan keislaman siswa di MTsN 4 Blitar. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi partisipan, dokumentasi serta wawancara mendalam. Observasi untuk mengamati seluruh kegiatan pembelajaran yang difokuskan terhadap aktivitas guru dan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler hadrah. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data dokumen madrasah dan wawancara untuk memperoleh informasi tentang strategi guru ekstrakurikuler hadrah dalam menyampaikan materi. Hasil peneliti menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru ekstrakurikuler dalam mengembangkan keterampilan keagamaan siswa dalam seni hadrah dengan memberikan pelatihan kepada siswa agar menjadi lebih aktif dalam ekstrakurikuler keagamaan. Untuk menghindari kegagalan siswa, maka materi yang akan diberikan dimulai dari teknik dasar terlebih dahulu. Ketika siswa sudah mulai menguasai teknik dasar maka materi akan ditingkatkan menjadi materi yang lebih memberikan tantangan bagi mereka. Dengan begitu siswa akan dengan sendirinya terus berlatih untuk menambah kualitas latihan mereka. 2) Faktor pendukung dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan seni hadrah merupakan faktor terpenting dalam kegiatan tersebut. Tanpa hal tersebut seluruh kegiatan tersebut tidak akan berjalan lancar. Fasilitas yang diberikan dari pihak lembaga adalah salah satu syarat pendukung untuk berjalannya kegiatan tersebut. Selain itu siswa yang mempunyai semangat tinggi untuk mengembangkan keterampilan keislaman juga merupakan faktor pendukung yang paling utama. Faktor penghambat menjadi masalah utama pada kegiatan ekstrakurikuler kebanyakan terjadi pada fasilitas yang belum memadai. Belum adanya tempat khusus latihan ekstrakurikuler keagamaan seni hadrah merupakan faktor utama yang menjadi penghambat pada kegiatan tersebut. Selain itu rusaknya alat-alat yang digunakan untuk latihan, siswa yang mulai bosan untuk mengembangkan dirinya pada keterampilan keislaman seni hadrah juga menjadi faktor utama penghambat pada kegiatan tersebut.