Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Ketrampilan Mengajar Guru Fiqih di MTs Al Ma’arif Tulungagung”, ini ditulis oleh Rini Nastiti, NIM.1721143346. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I, NIP. 19720601 200003 1 002. Kata Kunci: Kompetensi Professional, Ketrampilan Mengajar Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penerapan ketrampilan mengajar guru pada saat proses pembelajaran di kelas, sehingga mengakibatkan rendahnya semangat peserta didik untuk memperhatikan penjelasan guru pada saat proses pembelajaran. Sebagaimana teori dari Kunandar bahwa guru yang profesional akan tercermin dalam pelaksanaan pengabdian tugas-tugas yang ditandai dengan keahlian baik materi maupun metode. Selain itu, guru yang profesional akan selalu berusaha mengelola pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap keterampilan mengajar dalam mengelola kelas guru fiqih di MTs Al Ma’arif Tulungagung? (2) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap keterampilan mengajar dalam mengadakan variasi pembelajaran guru fiqih di MTs Al Ma’arif Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap keterampilan mengajar dalam memberikan penguatan guru fiqih di MTs Al Ma’arif Tulungagung? (4) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap keterampilan mengajar dalam mengelola kelas, keterampilan dalam mengadakan variasi pembelajaran, dan keterampilan dalam memberikan penguatan guru fiqih di MTs Al Ma’arif Tulungagung?. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi kelas VIII, yang terdiri dari 211 peserta didik. Dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel 139 peserta didik. Variabel bebas: kompetensi profesional. Variabel terikat: keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengadakan variasi pembelajaran, keterampilan memberikan penguatan. Sumber data: Responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, homogenitas dan manova dengan bantuan SPSS for Windows 23.0 Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional dengan kertampilan mengajar dalam mengelola kelas. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,040 kurang dari 0,05. (2) Ada pengaruh yang sangat signifikan antara kompetensi profesional dengan kertampilan mengajar dalam mengadakn variasi. yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,005. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional dengan kertampilan mengajar dalam memberikan penguatan yang ditunjukkan nilai signifikan 0,013 kurang dari 0,05. (4) Ada pengaruh yang sangat signifikansi antara kompetensi profesional terhadap keterampilan mengajar dalam mengelola kelas, keterampilan mengajar dalam mengadakan variasi pembelajaran, dan keterampilan dalam memberikan penguatan dengan ditunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05.