ctrlnum 8267
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/</relation><title>PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG</title><creator>IIN FEBRIANI, 1721143173</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Menengah</subject><description>ABSTRAK&#xD; Skripsi dengan judul &#x201C;Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung&#x201D; ini ditulis oleh Iin Febriani, NIM 1721143173. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. H. Masduki, M.Ag, NIP.19620708 1998 03 1001&#xD; &#xD; Kata Kunci: Keterampilan Menjelaskan, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Minat Belajar Siswa.&#xD; &#xD; Penelitian ini dilatar belakangi keterampilan mengajar guru mayoritas masih pada level menyampaikan materi, pembelajaran belum maksimal menjadi pengembang, penemu, dan inovasi pembelajaran. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran PAI dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Kurang efektifnya pembelajaran PAI. Kurangnya minat siswa terhadap materi pelajaran PAI.&#xD; Rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek menjelaskan (X1) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung? (2) Adakah pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek membimbing diskusi kelompok kecil (X2) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung? (3) Adakah secara bersamaan pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek mejelaskan (X1), dan membimbing diskusi kelompok kecil (X2) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung?&#xD; Tujuan penelitian: (1) Mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek menjelaskan (X1) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. (2) Mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek membimbing diskusi kelompok kecil (X2) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung (3) Mengetahui secara bersamaan pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek mejelaskan (X1), dan membimbing diskusi kelompok kecil (X2) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung&#xD; Jenis penelitian adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas VIII di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung, yang berjumlah 84 siswa dan jumlah sampel sebanyak 69 siswa. Sumber data: responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data: angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data, menggunakan regresi (uji t dan uji F) dengan bantuan SPSS for Windows 16.0.&#xD; Hasil penelitian: (1) Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa - thitung &lt; - ttabel (- 2,228 &lt; - 1,999). Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar pada aspek menjelaskan terhadap minat belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. (2) Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung &gt; ttabel (3,266 &gt; 1,999). Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar pada aspek membimbing diskusi kelompok kecil terhadap minat belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. (3) Hasil regresi ganda menunjukkan Fhitung (14,561) &gt; Ftabel (3,99). Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar pada aspek menjelaskan dan keterampilan mengajar pada aspek membimbing diskusi kelompok kecil terhadap minat belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung.</description><date>2018-07-11</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/9/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> IIN FEBRIANI, 1721143173 (2018) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ] </identifier><recordID>8267</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author IIN FEBRIANI, 1721143173
title PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG
publishDate 2018
isbn 9781721143177
topic Agama
Pendidikan Menengah
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/4/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/5/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/6/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/7/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/8/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/9/BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8267/
contents ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung” ini ditulis oleh Iin Febriani, NIM 1721143173. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. H. Masduki, M.Ag, NIP.19620708 1998 03 1001 Kata Kunci: Keterampilan Menjelaskan, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Minat Belajar Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi keterampilan mengajar guru mayoritas masih pada level menyampaikan materi, pembelajaran belum maksimal menjadi pengembang, penemu, dan inovasi pembelajaran. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran PAI dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Kurang efektifnya pembelajaran PAI. Kurangnya minat siswa terhadap materi pelajaran PAI. Rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek menjelaskan (X1) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung? (2) Adakah pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek membimbing diskusi kelompok kecil (X2) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung? (3) Adakah secara bersamaan pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek mejelaskan (X1), dan membimbing diskusi kelompok kecil (X2) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung? Tujuan penelitian: (1) Mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek menjelaskan (X1) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. (2) Mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek membimbing diskusi kelompok kecil (X2) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung (3) Mengetahui secara bersamaan pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek mejelaskan (X1), dan membimbing diskusi kelompok kecil (X2) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung Jenis penelitian adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas VIII di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung, yang berjumlah 84 siswa dan jumlah sampel sebanyak 69 siswa. Sumber data: responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data: angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data, menggunakan regresi (uji t dan uji F) dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian: (1) Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa - thitung < - ttabel (- 2,228 < - 1,999). Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar pada aspek menjelaskan terhadap minat belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. (2) Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,266 > 1,999). Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar pada aspek membimbing diskusi kelompok kecil terhadap minat belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. (3) Hasil regresi ganda menunjukkan Fhitung (14,561) > Ftabel (3,99). Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar pada aspek menjelaskan dan keterampilan mengajar pada aspek membimbing diskusi kelompok kecil terhadap minat belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung.
id IOS7171.8267
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:53Z
last_indexed 2020-12-19T11:28:39Z
recordtype dc
_version_ 1686506344587198464
score 17.538404