ctrlnum 8266
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/</relation><title>STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PAI SISWA&#xD; DI SMP NEGERI 1 NGUNUT&#xD; TULUNGAGUNG</title><creator>LUCKY RAHMAHANI, 1721143210</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Menengah</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Skripsi ini ditulis oleh Lucky Rahmahani, NIM. 1721143210, Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul &#x201C;Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung&#x201D;, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I., &#xD; Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar&#xD; Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan gangguan yang dialami oleh siswa dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Gangguan tersebut berupa kesulitan dalam membaca dan menulis Al-Qur&#x2019;an serta kurang pahamnya pengetahuan siswa tentang ilmu agama. Hal ini berdampak kepada kesiapan siswa dalam mempelajari mata pelajaran pendidikan agama Islam. Oleh karena itu guru pendidikan Agama Islam harus memiliki strategi dalam mengatasi kesulitan belajar PAI yang dialami siswa. Dalam hal ini penulis mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung.&#xD; Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah kognitif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah aafektif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung?, dan (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah kognitif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung?.&#xD; Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah kognitif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (2) untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah afektif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (3) untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung.&#xD; Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni people, place dan paper. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat.&#xD; Hasil penelitian setelah diadakan analisis mengungkapkan bahwa: (1) strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah kognitif siswa adalah dengan memperbanyak tugas untuk siswa, penenaman budaya literasi, menerapkan metode role play atau belajar nyata serta menerapkan pendekatan kontekstual atau CTL. (2) strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah afektif siswa adalah dengan pemeberian apersepsi sebelum dimulai pembelajaran, menggunakan variasi model pembelajaran, pemberian lembar penilaian diri untuk siswa, melalui tayangan video dan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di luar kelas atau serambi Masjid Baitul Muttaqin SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (3) strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa adalah dengan memeberi contoh berulang-ulang terkait materi, melibatkan tutor sebaya, menerapkan metode sosio-drama serta metode pemodelan yang melibatkan guru sebagai contoh langsung bagi siswa.</description><date>2018-07-11</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/9/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> LUCKY RAHMAHANI, 1721143210 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PAI SISWA DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ] </identifier><recordID>8266</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author LUCKY RAHMAHANI, 1721143210
title STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PAI SISWA DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG
publishDate 2018
isbn 9781721143214
topic Agama
Pendidikan Menengah
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/4/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/5/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/6/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/7/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/8/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/9/BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8266/
contents ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Lucky Rahmahani, NIM. 1721143210, Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung”, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I., Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan gangguan yang dialami oleh siswa dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Gangguan tersebut berupa kesulitan dalam membaca dan menulis Al-Qur’an serta kurang pahamnya pengetahuan siswa tentang ilmu agama. Hal ini berdampak kepada kesiapan siswa dalam mempelajari mata pelajaran pendidikan agama Islam. Oleh karena itu guru pendidikan Agama Islam harus memiliki strategi dalam mengatasi kesulitan belajar PAI yang dialami siswa. Dalam hal ini penulis mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah kognitif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah aafektif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung?, dan (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah kognitif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah kognitif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (2) untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah afektif siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (3) untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni people, place dan paper. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian setelah diadakan analisis mengungkapkan bahwa: (1) strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah kognitif siswa adalah dengan memperbanyak tugas untuk siswa, penenaman budaya literasi, menerapkan metode role play atau belajar nyata serta menerapkan pendekatan kontekstual atau CTL. (2) strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah afektif siswa adalah dengan pemeberian apersepsi sebelum dimulai pembelajaran, menggunakan variasi model pembelajaran, pemberian lembar penilaian diri untuk siswa, melalui tayangan video dan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di luar kelas atau serambi Masjid Baitul Muttaqin SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (3) strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa adalah dengan memeberi contoh berulang-ulang terkait materi, melibatkan tutor sebaya, menerapkan metode sosio-drama serta metode pemodelan yang melibatkan guru sebagai contoh langsung bagi siswa.
id IOS7171.8266
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:53Z
last_indexed 2020-12-19T11:28:39Z
recordtype dc
_version_ 1686506344580907008
score 17.538404