Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nurmala Dwi Lestari, 1724143196, 2018, Perbedaan Hasil Belajar Siswa Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dengan Think Pair Share (TPS) Kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing, Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes, Ph.D. Kata Kunci: Hasil Belajar, Teorema Pythagoras, Model Pembelajaran NHT, Model Pembelajaran TPS. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran didalam kelas yang masih monoton dan berpusat pada guru, sehingga siswa belum bisa mengkreasikan ide atau pendapat mengenai hal yang dipelajari, banyak siswa yang kurang aktif saat pembelajaran. Maka dibutuhkannya model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika sehingga dapat dicapainya tujuan dari pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Number Head Together (NHT), (2) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS), dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan Think pair Share (TPS). Mata pelajaran yang digunakan pada penelitian ini yaitu Matematika dengan materi teorema Pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar yang terdiri dari empat kelas. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII−C sebagai kelas Think Pair Share dan kelas VIII−D sebagai kelas Number Head Together. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan tes. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai rata – rata hasil belajar pada materi Teorema Pythagoras dengan model pembelajaran tipe Number Head Together adalah 75.78, (2) nilai rata – rata hasil belajar pada materi Teorema Pythagoras dengan model pembelajaran tipe Think Pair Share adalah 87.61, dan (3) berdasarkan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Number Head Together dengan Think Pair Share, hal ini dapat dilihat dari hasil hitung uji statistik.