Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ampri Hidayah, NIM: 1721143049, pembimbing Dr. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata Kunci: Outdoor Learning, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi yang dilakukan dalam proses pembelajaran menggunakan metode yang terlalu monoton, sehingga peneliti menghubungkan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar afektif siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen, populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII, pemilihan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan sampel yang diperoleh kelas VII A dan VII C dengan jumlah siswa sebanyak 64 siswa. Untuk pengambilan data peneliti mengambil data nilai pretest dan post-test untuk hasil belajar kognitif, mengambil data post-test untuk hasil afektif dan mengambil data post-test untuk hasil belajar psikomotorik. Analisis instrumen menggunakan validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda soal. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan menggunakan uji hipotesis (uji t). Adapun hasil penelitian menunjukkan: (1) Adanya pengaruh metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan dibuktikan nilai signifikan 5% yaitu t-hitung (9,1313) > t-tabel (1,66980) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Adanya pengaruh metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar afektif siswa dengan dibuktikan nilai signifikan 5% yaitu t-hitung (6,6125) > t-tabel (1,66980) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Adanya pengaruh metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa 5% yaitu t-hitung (6,4661) > t-tabel (1,66980) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.