ctrlnum 8140
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/</relation><title>IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BOARDING SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA &#xD; (Studi Multikasus di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut)</title><creator>NURUL MUHTAROMAINI, 1756154044</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Tinggi</subject><description>ABSTRAK &#xD; Tesis dengan judul &#x201C;Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Boarding School dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Multi kasus di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung)&#x201D; ini ditulis oleh Nurul Muhtaromaini dengan dibimbing oleh Dr. H.Abdul Manab, M.Ag dan Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag.&#xD; &#xD; Kata kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Boarding School, Karakter Siswa.&#xD; &#xD; Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena semakin menurunnya etika dan moral serta kenakalan pelajar. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan adanya tawuran, perbuatan asusila dan terjadinya kekerasan di sekolah maupun di luar yang dilakukan oleh pelajar. Para guru di sekolah/ madrasah belum sepenuhnya memposisikan diri sebagai guru agama yakni sebagai penutan dan teladan bagi siswa dalam bersikap dan berperilaku, sehingga pembentukan karakter siswa belum maksimal. Untuk membentuk siswa agar memiliki akhlak yang baik maka pembentukan karakter sangat penting untuk ditanamkan. Pendidikan karakter akan lebih maksimal jika dalam penerapanya didukung dan melalui kerjasama dari berbagai pihak, sehingga pendidikan karakter tidak hanya ditanamkan dalam kegiatan di sekolah saja namun juga di dalam kehidupan di luar jam sekolah.&#xD; Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan pembelajaran PAI berbasis boarding school dalam membentuk karakter siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung?; (2) Bagaimana metode pembelajaran PAI berbasis boarding school dalam membentuk karakter siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung?; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI berbasis boarding school dalam membentuk karakter siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung?&#xD; Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan rancangan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kasus tunggal dan analisis data lintas kasus, sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan credibility, transferability, dependability dan confirmability.&#xD; Dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran yang diterapkan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung adalah pendekatan pembiasaan, pendekatan keteladanan, pendekatan pengalaman dan pendekatan keimanan; (2) Metode pembelajaran yang diterapkan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung adalah metode diskusi, metode berbasis masalah, metode ceramah, metode tanya jawab dan metode demonstrasi; (3) Evaluasi pembelajaran yang diterapkan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung yakni sama-sama menggunakan teknik tahr&#x4EF;r&#x4EF; (tes tulis), latihan, pengamatan. Selain menggunakan evaluasi tersebut di Darul hikmah menggunakan teknik syfah&#x4EF; (tes lisan) sedangkan di SMAI Sunan Gunung Jati tidak menggunakan.</description><date>2018-06-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/9/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> NURUL MUHTAROMAINI, 1756154044 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BOARDING SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi Multikasus di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut). [ Thesis ] </identifier><recordID>8140</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NURUL MUHTAROMAINI, 1756154044
title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BOARDING SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi Multikasus di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut)
publishDate 2018
isbn 9781756154049
topic Agama
Pendidikan Tinggi
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/4/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/5/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/6/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/7/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/8/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/9/BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8140/
contents ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Boarding School dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Multi kasus di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung)” ini ditulis oleh Nurul Muhtaromaini dengan dibimbing oleh Dr. H.Abdul Manab, M.Ag dan Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Boarding School, Karakter Siswa. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena semakin menurunnya etika dan moral serta kenakalan pelajar. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan adanya tawuran, perbuatan asusila dan terjadinya kekerasan di sekolah maupun di luar yang dilakukan oleh pelajar. Para guru di sekolah/ madrasah belum sepenuhnya memposisikan diri sebagai guru agama yakni sebagai penutan dan teladan bagi siswa dalam bersikap dan berperilaku, sehingga pembentukan karakter siswa belum maksimal. Untuk membentuk siswa agar memiliki akhlak yang baik maka pembentukan karakter sangat penting untuk ditanamkan. Pendidikan karakter akan lebih maksimal jika dalam penerapanya didukung dan melalui kerjasama dari berbagai pihak, sehingga pendidikan karakter tidak hanya ditanamkan dalam kegiatan di sekolah saja namun juga di dalam kehidupan di luar jam sekolah. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan pembelajaran PAI berbasis boarding school dalam membentuk karakter siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung?; (2) Bagaimana metode pembelajaran PAI berbasis boarding school dalam membentuk karakter siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung?; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI berbasis boarding school dalam membentuk karakter siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan rancangan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kasus tunggal dan analisis data lintas kasus, sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran yang diterapkan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung adalah pendekatan pembiasaan, pendekatan keteladanan, pendekatan pengalaman dan pendekatan keimanan; (2) Metode pembelajaran yang diterapkan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung adalah metode diskusi, metode berbasis masalah, metode ceramah, metode tanya jawab dan metode demonstrasi; (3) Evaluasi pembelajaran yang diterapkan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan SMAI Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung yakni sama-sama menggunakan teknik tahrӯrӯ (tes tulis), latihan, pengamatan. Selain menggunakan evaluasi tersebut di Darul hikmah menggunakan teknik syfahӯ (tes lisan) sedangkan di SMAI Sunan Gunung Jati tidak menggunakan.
id IOS7171.8140
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:52Z
last_indexed 2020-11-20T17:26:51Z
recordtype dc
_version_ 1683902407883358208
score 17.538404