KOMPETENSI GURU FIQIH DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SHALAT SISWA DI MTS SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Guru Fiqih dalam Menanamkan Kedisiplinan Shalat Siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung” ini ditulis oleh Atiq Munfaridha Zuhdi, NIM. 1721143079, pembimbing Hj. Indah Khomsiyah, M.Pd. Kata kunci: Kompetensi guru fiqih, kedisiplinan shalat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari rata-rata dari kalangan ekonomi menengah ke bawah jadi orang tua siswa kebanyakan sibuk dengan pekerjaannya bahkan ada yang jadi TKI ke luar negeri sehingga anak di titipkan pada nenek dan kakeknya sehingga pendisiplinan terutama dalam hal beribadah shalat dan perhatian dari orang tua kandung dirasa sangatlah kurang. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan kompetensi guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung . Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1)Bagaimana kompetensi pedagogik guru fiqih dalam menanamkan kedisiplinan shalat siswa di MTs sultan Agung Jabalsari Tulungagung? (2)Bagaimana kompetensi kepribadian guru fiqih dalam menanamkan kedisiplinan shalat siswa di MTs sultan Agung Jabalsari Tulungagung (3)Bagaimana kompetensi sosial guru fiqih dalam menanamkan kedisiplinan shalat siswa di MTs sultan Agung Jabalsari Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi kepala Madrasah Tsawiyah Sultan Agung bagi kepala sekolah bisa menjadi acuan untuk mengambil kebijakan yang dapat dalam menanamkan kedisiplinan shalat berjama’ah siswa di sekolah khususnya di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Bagi siswa Madrasah Tsanawiyah sebagai tambahan ilmu pengetahuan untuk menanamkan kesadaran diri dalam melaksanakan shalat. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunankan perpanjangan penelitian, triangulasi, dan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)kompetensi pedagogik guru fiqih dalam menanamkan kedisiplinan shalat siswa di MTs sultan Agung Jabalsari Tulungagung: (a)guru di wajibkan membuat RPP sebelum KBM (b)guru menggunakan metode diskusi dengan model pembelajran‘’cooperative learning’’ (c)mengevalusi siswa dengan ujian tulus dan ujian praktrek shalat; (2) kompetensi kepribadian guru fiqih dalam menanamkan kedisiplinan shalat siswa di MTs sultan Agung Jabalsari Tulungagung: (a) melalui disiplin waktu, tanggung jawab, kesadaran akan kewajiban sebagai guru. (b)melalui tindakan, memberi ii contoh shalat berjama’ah(c)siswa yang tidak tertib mendapat teguran/ nasehat/ hukuman menulis bismillah dan membaca istighfar, (3) kompetensi sosial guru fiqih dalam menanamkan kedisiplinan shalat siswa di MTs sultan Agung Jabalsari Tulungagung: (a) bekerjasama dengan pihak keluarga melaui kegiatan di majelis dzikir,(b) berkomunikasi dengan ketika karantina qur’an,(c) kerjasama antara guru satu dengan yang lain seperti guru piket.