ctrlnum 7977
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/</relation><title>Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Min 6 Tulungagung</title><creator>Alvin Widya Lestari, 1725143016</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Islam</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Skripsi dengan judul &#x201C;Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung&#x201D; yang ditulis oleh Alvin Widya Lestari, NIM. 1725143016, skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. &#xD; &#xD; Kata Kunci : Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Motivasi, Hasil Belajar.&#xD; &#xD; Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi pentingnya pelajaran Aqidah Akhlak untuk membentuk pribadi siswa yang berakhlak mulia. Mengingat pentingnya pelajaran aqidah akhlak disekolah, guru diharapkan mampu mengajarkan materi aqidah akhlak dengan baik. Agar siswa menjadi paham dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terkait dengan hal tersebut, model pembelajaran CTL dianggap sesuai apabila diterapkan pada mata pelajaran aqidah akhlak. Karena dalam pembelajaran CTL siswa harus bisa mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Dalam hal ini peneliti akan melihat Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa di MIN 6 Tulungagung.&#xD; Dalam penelitian yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung, permasalahan yang dikaji adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap motivasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IV di MIN 6 Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh model CTL terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IV di MIN 6 Tulungagung ? (2) Apakah ada interaksi pengaruh pembelajaran CTL terhadap motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IV di MIN 6 Tulungagung?&#xD; Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan eksperimen semu atau quasi-experimental. Subjek penelitian ini adalah siwa-siswi kelas IV MI Negeri 6 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Mengumpulkan Dokumen (dokumentasi), angket dan tes.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Uji MANOVA dari tabel Tests of Between-Subjects Effect menunjukkan nilai motivasi siswa mempunyai tingkat signifikansi 0,031 &lt; 0,05. (2) ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Uji MANOVA dari tabel Tests of Between-Subjects Effect menunjukkan nilai motivasi siswa mempunyai tingkat signifikansi 0,004 &lt; 0,05. (3) ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Uji MANOVA dari tabel Multivariate diperoleh dari Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root signifikansi 0,007 dimana Sig. 0,007 &lt;0,05. Dengan demikian, semua pengujian menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran CTL(Contextual Teaching and Learning) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MIN 6 Tulungagung.</description><date>2018-05-23</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/1/1.%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/2/2.%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/3/3.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/4/4.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/5/5.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/6/6.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/7/7.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/8/8.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/9/9.%20BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/10/10.%20Daftar%20Rujukan.pdf</identifier><identifier> Alvin Widya Lestari, 1725143016 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Min 6 Tulungagung. [ Skripsi ] </identifier><recordID>7977</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author Alvin Widya Lestari, 1725143016
title Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Min 6 Tulungagung
publishDate 2018
isbn 9781725143012
topic Agama
Pendidikan Islam
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/1/1.%20Cover.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/2/2.%20Daftar%20Isi.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/3/3.%20Abstrak.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/4/4.%20BAB%201.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/5/5.%20BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/6/6.%20BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/7/7.%20BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/8/8.%20BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/9/9.%20BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/10/10.%20Daftar%20Rujukan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7977/
contents ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung” yang ditulis oleh Alvin Widya Lestari, NIM. 1725143016, skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi pentingnya pelajaran Aqidah Akhlak untuk membentuk pribadi siswa yang berakhlak mulia. Mengingat pentingnya pelajaran aqidah akhlak disekolah, guru diharapkan mampu mengajarkan materi aqidah akhlak dengan baik. Agar siswa menjadi paham dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terkait dengan hal tersebut, model pembelajaran CTL dianggap sesuai apabila diterapkan pada mata pelajaran aqidah akhlak. Karena dalam pembelajaran CTL siswa harus bisa mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Dalam hal ini peneliti akan melihat Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa di MIN 6 Tulungagung. Dalam penelitian yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung, permasalahan yang dikaji adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap motivasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IV di MIN 6 Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh model CTL terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IV di MIN 6 Tulungagung ? (2) Apakah ada interaksi pengaruh pembelajaran CTL terhadap motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IV di MIN 6 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan eksperimen semu atau quasi-experimental. Subjek penelitian ini adalah siwa-siswi kelas IV MI Negeri 6 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Mengumpulkan Dokumen (dokumentasi), angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Uji MANOVA dari tabel Tests of Between-Subjects Effect menunjukkan nilai motivasi siswa mempunyai tingkat signifikansi 0,031 < 0,05. (2) ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Uji MANOVA dari tabel Tests of Between-Subjects Effect menunjukkan nilai motivasi siswa mempunyai tingkat signifikansi 0,004 < 0,05. (3) ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Uji MANOVA dari tabel Multivariate diperoleh dari Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root signifikansi 0,007 dimana Sig. 0,007 <0,05. Dengan demikian, semua pengujian menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran CTL(Contextual Teaching and Learning) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MIN 6 Tulungagung.
id IOS7171.7977
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:51Z
last_indexed 2020-11-20T17:26:50Z
recordtype dc
_version_ 1683902406857850880
score 17.538404