PENGARUH MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Minat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Devi Rohmatika Khusna, NIM 1721143107, pembimbing Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag Kata kunci : minat belajar, prestasi belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI, disini peneliti ingin mengukur seberapa berpengaruhnya minat belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) adakah pengaruh ketertarikan untuk belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung ? (2) adakah pengaruh perhatian dalam belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung ? (3) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung ? Dengan menggunakan pendekatan kuantitaif, adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh ketertarikan untuk belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung (2) untuk mengetahui pengaruh perhatian dalam belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung (3) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung sebanyak 349 siswa. Dalam penelitan ini digunakan metode observasi, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh ketertarikan untuk belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel ketertarikan untuk belajar adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai thitung = 4,983 > ttabel = 1,653 berarti H0 ditolak. (2) ada pengaruh perhatian dalam belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SM Tulungagung. Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel perhatian dalam belajar adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai thitung = 4,070 > ttabel = 1,653 berarti H0 ditolak. (3) ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel motivasi belajar adalah 0,005 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai thitung = 3,648 > ttabel = 1,653 berarti H0 ditolak.