IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK KUALITAS AKHLAK SISWA DI SD AL- GONTORY TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Implementasi Full Day School dalam Membentuk Kualitas Akhlak Siswa di SD Al- Gontory Tulungagung” ini ditulis oleh Alfi Sa’adah, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM: 2811133028 Tahun 2017 dibimbing oleh Prof. Dr. H. akhyak, M.Ag Kata Kunci : implementasi sistem full day school, kualitas akhlak. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan pada hakekatnya tidak sekedar mengarah pada hasil pendidikan akan tetapi juga pada proses pelaksanaan pendidikan, Proses disini termasuk model kurikulum yang diterapkan. Berkenaan dengan penerapan kurikulum, sistem full day school merupakan salah satu bentuk model pendidikan yang sangat mendukung untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sehubungan dengan upaya meningkatkan kualitas pendidikan, penulis memilih SD Al-Gontory Tulungagung sebagai lokasi penelitian. Hal ini dikarenakan di lembaga tersebut memiliki keunikan dalam kolaborasi kurikulum, perkembangan infrastruktur sekolah dan sarana prasarana serta mampu menarik hati masyarakat untuk memasukkan putra-putri mereka ke sekolah tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, maka skripsi ini mengkaji tentang “Implementasi Full Day School dalam Membentuk Akhlak Siswa di SD Al- Gontory Tulungagung dan masalah yang diteliti adalah 1. Bagaimana perencanaan full day school dalam membentuk kualitas akhlak siswa di SD Al-Gontory Tulungagung? 2. Bagaimana penerapan full day school dalam membentuk kualitas akhlak siswa di SD Al-Gontory Tulungagung? 3. Bagaimana evaluasi full day school dalam membentuk kualitas akhlak siswa di SD Al-Gontory Tulungagung? Adapun tujuannya adalah 1. Mendeskripsikan perencanan full day school dalam membentuk kualitas akhlak siswa di SD Al-Gontory Tulungagung? 2. Mendeskripsikan penerapan full day school dalam membentuk kualitas akhlak siswa di SD Al-Gontory Tulungagung? 3. Mendeskripsikan evaluasi full day school dalam membentuk kualitas akhlak siswa di SD Al-Gontory Tulungagung? Penelitianyang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Manfaat penelitian ini adalah 1. Bagi sekolah adalah Penelitian ini digunakan untuk membentuk kualitas akhlak siswa di SD Al-Gontory Tulungagung dengan didasari akhlakul karimah baik siswa maupun tenaga pendidik yang bernaung dalam lembaga tersebut. 2. Bagi guru adalah Penelitian ini berguna bagi orangtua sebagai kontribusi untuk menanamkan nilai-nilai keislaman secara mendalam kepada siswa, yang bersifat kontinuitas sehingga siswa tidak sampai melakukan kesalahan yang fatal yang akan merugikan masa depan dan cita-citanya. 3. Bagi masyarakat adalah Penelitian ini berguna untuk memberikan pemahaman kepada pembaca akan pendidikan Islam. Adapun tujuannya untuk membentuk kualitas akhlak siswa, baik di sekolah maupun di saat berada di lingkungan masyarakat. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan sesuatu kesimpulan sebagai berikut: 1. Bahwa penerapan full day school dalam membentuk kualitas akhlak siswa strategi pembelajarannyayang bervariasi, seperti metode yang menyenangkan, pengelolaan kelas yang baik serta agar siswa tidak merasa jenuh atau bosan dengan situasi dan kondisi ruang belajar yang sama pada waktu proses kegiatan belajar mengajar maka pembelajarannya tidak hanya fokus di kelas terus tetapi juga di luar kelas, 2. Dalam menerapkan sistem Full Day School tersebut sekolah mempunyai tujuan. Tujuan yaitu untuk tujuan umum yang ingin dicapai adalah menumbuh kembangkan fitroh dan fungsi insan (baca, manusia) sebagai hamba Allah yang selalu taat beribadah. Dari tujuan ini siswa ditempa untuk menjadi pemimpin di muka bumi (kholifatulloh fill ar di) dengan segala kemampuan yang melekatnya. Tujuan khususnya adalah membina generasi yang memiliki kemampuan akademis tinggi dengan dibarengi akhlakul karimah. 2. Penerapan full day school berjalan lancar dan dapat diterima oleh siswa dengan baik. Hal ini sesuai dengan hasil output di SD Al – Gontory Tulungagung ini yang mana lulusannya tidak hanya kompeten dalam bidang intelektual tetapi juga berakhlakul karimah.