Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar Afektif dan Piskomotor Siswa Kelas V SD Negeri 2 Botoran Tulungagung”, ini ditulis oleh Ghazi Luthfia Agusdina. NIM. 1725143107. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. NIP. 198605282014032002. Kata Kunci: Minat Baca, Hasil Belajar Afektif, Hasil Belajar Psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap hasil belajar afektif dan psikomotor siswa kelas V SD Negeri 2 Botoran Tulungagung. Minat baca merupakan kecenderungan seseorang yang memiliki keinginan lebih untuk melakukan kegiatan membaca. Membaca sendiri merupakan kegiatan yang dapat memperluas wawasan siswa. Seringkali orangorang akan beranggapan bahwa membaca akan membuat seseorang menjadi pintar dalam artian pintar dalam intelektualnya saja. Namun demikian, masyarakat jarang yang memiliki pemikiran mengenai pengaruh membaca terhadap sikap dan keterampilan seseorang. Maka dari itu dalam penelitian ini, peneliti akan mencari tahu mengenai pengaruh minat baca terhadap kecerdasan siswa dalam ranah afektif dan psikomotornya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian non eksperimen tipe korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Botoran yang berjumlah 41 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling atau jenis sampling jenuh. Sampling ini digunakan apabila jumlah populasi memiliki jumlah yang sedikit sehingga semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yang mana pada penelitian ini terdiri dari 41 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat baca. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor. Sumber data berasal dari responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan Uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji manova dengan bantuan IBM SPSS Statistics 22. Dari hasil uji MANOVA menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar afektif. Dari hasil analisis data pada interval 5% menunjukkan nilai signifikasi 0,000 yang mana kurang dari 0,05. (2) Ada pengaruh signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar psikomotor yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000 yang mana kurang dari 0,000. (Ada pengaruh signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar afektif dan psikomotor dengan nilai signifikan masing-masing 0,000 dan 0,000 yang mana keduanya memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05.