STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018
ctrlnum |
7818 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/</relation><title>STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA
AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTs
DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN
2017/2018</title><creator>ENDANG WAHYUNINGSIH, 1721143130</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Menengah</subject><description>ABSTRAK
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membina
Akhlakul Karimah Peserta Didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar”
ini ditulis oleh Endang Wahyuningsih , NIM. 1721143130, pembimbing Drs. H.
Muh. Kharis, M.Pd.
Kata Kunci : Strategi Guru, Membina Akhlakul Karimah
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak diantara peserta didik yang
kurang menerapkan akhlakul karimah karena terbawa oleh suatu golongan atau
memang mereka tidak dididik sedari kecil untuk membiasakan berperilaku
akhlakul karimah. Seperti tawuran antar teman, tidak berkata sopan kepada guru,
melanggar peraturan sekolah. Karena
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi
guru akidah akhlak dalam membina tawadhu’ peserta didik di MTs Darussalam
Kademangan Blitar? (2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina
ta’awun peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar? (3) Bagaimana
strategi guru akidah akhlak dalam membina amanah peserta didik di MTs
Darussalam Kademangan Blitar?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk
mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam membina tawadhu’ peserta
didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan strategi
guru akidah akhlak dalam membina ta’awun peserta didik di MTs Darussalam
Kademangan Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam
membina amanah peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar.
Penelitian ini menggunakan jenis-pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun
sumber data penelitian ini menggunakan data primer (hasil dari informan) dan
data primer (data tambahan), teknik pengumpulan data penelitian ini
menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan
pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunanan pengamat, triangulasi dan
pemeriksaan sejawat
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam membina tawadhu’,
strategi guru akidah akhlak di MTs Darusssalam Kademangan adalah
menggunakan strategi ekspositori dimana guru memberikan contoh atau teladan
kepada peserta didik bagaimana bersikap tawadhu’ kepada guru, orang dan teman
sejawat, menyelipkan wejangan atau nasehat kepada peserta didik dalam proses
pembelajaran, mengajarkan untuk bersikap santun dalam berbicara kepada guru,
teman sejawat,dan yang lebih tua atau muda, membudayakan gerakan 5S
(Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Satun) kepadawarga sekolah. 2) Dalam
membina ta’awun, strategi guru akidah akhlak di MTs Darussalam Kademangan
adalah menggunakan strategi ekspositori dimana guru memberi nasehat kepada
peserta didik tentang berperilaku ta’awun kepada sesama, memupuk kepedulian
kepada orang lain dan belajar ikhlas dalam segala perbuatan yang dilakukan.
xv
Memberikan motivasi yang diselipkan dalam setiap kali kesempatan, misalnya
dalam proses pembelajaran. Guru mengingatkan untuk berbuat baik, mengajak
teman untuk berjama’ah dan lain sebagainya. Memberikan contoh atau tauladan
yang baik kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat mengamalkan
perbuatan yang telah diajarkan. 3) Dalam membina amanah, strategi guru akidah
akhlak di MTs Darussalam Kademangan adalah menggunakan strategi ekspositori
dimana guru memberikan nasehat, contoh atau teladan yang baik kepada peserta
didik untuk berperilaku amanah pada tugas yang telah di berikan. Memberikan
angket untuk mengetahui apakah peserta didik amanah atau tidak, memantau dan
membina peserta didik dalam melaksanakan tugasnya, seperti mengerjakan tugas
yang diberikan saat proses pembelajaran. Mengawasi peserta didik di dalam
sekolah dan di luar sekolah. Di dalam sekolah guru mengawasi peserta didik
dalam berperilaku dan dibantu oleh anggota OSIS untuk mengawasi dan juga
menasehati peserta didik. Menekankan praktek ubudiyah dimana siswa untuk
mengamalkan praktek ubudiyah seperti istighasah, dan shalat berjama’ah dimana
itu adalah bentuk dari amanah kepada Allah dan diri sendiri peserta didik.</description><date>2018-04-30</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/2/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/1/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/4/Bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/5/Bab%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/6/Bab%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/7/Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/8/Bab%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/9/Bab%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/10/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> ENDANG WAHYUNINGSIH, 1721143130 (2018) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ] </identifier><recordID>7818</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Thesis |
author |
ENDANG WAHYUNINGSIH, 1721143130 |
title |
STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA
AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTs
DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN
2017/2018 |
publishDate |
2018 |
isbn |
9781721143139 |
topic |
Agama Pendidikan Menengah |
url |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/2/Cover.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/1/Abstrak.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/3/Daftar%20Isi.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/4/Bab%20I.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/5/Bab%20II.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/6/Bab%20III.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/7/Bab%20IV.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/8/Bab%20V.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/9/Bab%20VI.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/10/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7818/ |
contents |
ABSTRAK
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membina
Akhlakul Karimah Peserta Didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar”
ini ditulis oleh Endang Wahyuningsih , NIM. 1721143130, pembimbing Drs. H.
Muh. Kharis, M.Pd.
Kata Kunci : Strategi Guru, Membina Akhlakul Karimah
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak diantara peserta didik yang
kurang menerapkan akhlakul karimah karena terbawa oleh suatu golongan atau
memang mereka tidak dididik sedari kecil untuk membiasakan berperilaku
akhlakul karimah. Seperti tawuran antar teman, tidak berkata sopan kepada guru,
melanggar peraturan sekolah. Karena
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi
guru akidah akhlak dalam membina tawadhu’ peserta didik di MTs Darussalam
Kademangan Blitar? (2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina
ta’awun peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar? (3) Bagaimana
strategi guru akidah akhlak dalam membina amanah peserta didik di MTs
Darussalam Kademangan Blitar?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk
mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam membina tawadhu’ peserta
didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan strategi
guru akidah akhlak dalam membina ta’awun peserta didik di MTs Darussalam
Kademangan Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam
membina amanah peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar.
Penelitian ini menggunakan jenis-pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun
sumber data penelitian ini menggunakan data primer (hasil dari informan) dan
data primer (data tambahan), teknik pengumpulan data penelitian ini
menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan
pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunanan pengamat, triangulasi dan
pemeriksaan sejawat
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam membina tawadhu’,
strategi guru akidah akhlak di MTs Darusssalam Kademangan adalah
menggunakan strategi ekspositori dimana guru memberikan contoh atau teladan
kepada peserta didik bagaimana bersikap tawadhu’ kepada guru, orang dan teman
sejawat, menyelipkan wejangan atau nasehat kepada peserta didik dalam proses
pembelajaran, mengajarkan untuk bersikap santun dalam berbicara kepada guru,
teman sejawat,dan yang lebih tua atau muda, membudayakan gerakan 5S
(Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Satun) kepadawarga sekolah. 2) Dalam
membina ta’awun, strategi guru akidah akhlak di MTs Darussalam Kademangan
adalah menggunakan strategi ekspositori dimana guru memberi nasehat kepada
peserta didik tentang berperilaku ta’awun kepada sesama, memupuk kepedulian
kepada orang lain dan belajar ikhlas dalam segala perbuatan yang dilakukan.
xv
Memberikan motivasi yang diselipkan dalam setiap kali kesempatan, misalnya
dalam proses pembelajaran. Guru mengingatkan untuk berbuat baik, mengajak
teman untuk berjama’ah dan lain sebagainya. Memberikan contoh atau tauladan
yang baik kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat mengamalkan
perbuatan yang telah diajarkan. 3) Dalam membina amanah, strategi guru akidah
akhlak di MTs Darussalam Kademangan adalah menggunakan strategi ekspositori
dimana guru memberikan nasehat, contoh atau teladan yang baik kepada peserta
didik untuk berperilaku amanah pada tugas yang telah di berikan. Memberikan
angket untuk mengetahui apakah peserta didik amanah atau tidak, memantau dan
membina peserta didik dalam melaksanakan tugasnya, seperti mengerjakan tugas
yang diberikan saat proses pembelajaran. Mengawasi peserta didik di dalam
sekolah dan di luar sekolah. Di dalam sekolah guru mengawasi peserta didik
dalam berperilaku dan dibantu oleh anggota OSIS untuk mengawasi dan juga
menasehati peserta didik. Menekankan praktek ubudiyah dimana siswa untuk
mengamalkan praktek ubudiyah seperti istighasah, dan shalat berjama’ah dimana
itu adalah bentuk dari amanah kepada Allah dan diri sendiri peserta didik. |
id |
IOS7171.7818 |
institution |
IAIN Tulungagung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
3120 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung |
library_id |
2406 |
collection |
Institutional Repository of IAIN Tulungagung |
repository_id |
7171 |
city |
TULUNGAGUNG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7171 |
first_indexed |
2019-05-17T02:02:49Z |
last_indexed |
2020-11-20T17:26:48Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683902405809274880 |
score |
17.538404 |