STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMK “SORE” TULUNGAGUNG
ctrlnum |
7816 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/</relation><title>STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM
MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA
PESERTA DIDIK DI SMK “SORE” TULUNGAGUNG</title><creator>ASMA AINI NASJWA, 1721143070</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Tinggi</subject><description>ABSTRAK
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an pada Peserta Didik di SMK Sore
Tulungagung” ini ditulis oleh Asma Aini Nasjwa, NIM. 1721143070. Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang di bimbing oleh Drs. H. Munardji, M.Ag
NIP. 19541218 198602 1 001
Kata Kunci : Strategi Guru, Kesulitan Membaca Al-Qur’an
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam yang
dihadapkan pada zaman modern diantaranya adalah maraknya berbagai macam
teknologi yang semakin canggih, secara tidak langsung hal itu dapat mempengaruhi
pertumbuhan peserta didik dalam belajar, khususnya dalam membaca Al-Qur’an. Di
SMK Sore Tulungagung terdapat banyak siswa yang masih kurang mampu dalam
membaca Al-Qur’an, hal ini disebabkan oleh faktor baik intern maupun ekstern. Oleh
sebab itu dibutuhkan strategi guru PAI dalam pembelajaran dan juga pada kegiatan
prifat yang dilakukan oleh guru PAI dengan harapan dapat memberikan dorongan
penuh kepada peserta didik dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi
guru PAI dalam merencanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik
dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru
PAI dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik
dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru
PAI dalam mengevaluasi pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam
membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan
strategi guru PAI dalam merencanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan
peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung (2) Untuk
menjelaskan strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi
kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung. (3)
Untuk menjelaskan strategi guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran untuk
mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore
Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam,
observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi guru PAI dalam perencanaan
pembelajaran di awal tahun yaitu: sesi wawancara membaca Al-Qur’an pada
pendaftaran siswa baru, menyusun perangkat pembelajaran, mengidentifikasi
kemampuan siswa, membuat peta kemampuan siswa, menyiapkan materi yang
relefan. 2) strategi guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu yang pertama
kegiatan pendahuluan: membentuk karakter siswa yang dekat dengan Al-Qur’an
dengan membaca surat An-Nas sampai Al-Ashr, melakukan apersepsi pembelajaran.
Yang kedua kegiatan penyajian: menggunakan materi dari LKS maupun buku
penunjang PAI, pembelajaran membaca al-quran melalui tutor teman sebaya,
mengadakan kegiatan prifat membaca Al-Qur’an. Yang ketiga kegiatan penutup:
melakukan refleksi pelajaran. 3) strategi guru PAI dalam evaluasi pembelajaran yaitu
mengadakan tes membaca Al-Qur’an dengan kriteria penilaian: adab membaca AlQur’an, ketepatan makhraj, kesesuaian bacaan dengan tajwid. Penilaian psikomotorik
yang dilakukan guru pada siswa berupa penilaian dari segi keindahan bacaan siswa
seperti membaca dengan Tartil.</description><date>2018-04-30</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/9/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ASMA AINI NASJWA, 1721143070 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMK “SORE” TULUNGAGUNG. [ Skripsi ] </identifier><recordID>7816</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Thesis |
author |
ASMA AINI NASJWA, 1721143070 |
title |
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM
MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA
PESERTA DIDIK DI SMK “SORE” TULUNGAGUNG |
publishDate |
2018 |
isbn |
9781721143078 |
topic |
Agama Pendidikan Tinggi |
url |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/1/COVER.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/2/ABSTRAK.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/3/DAFTAR%20ISI.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/4/BAB%20I.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/5/BAB%20II.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/6/BAB%20III.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/7/BAB%20IV.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/8/BAB%20V.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/9/BAB%20VI.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7816/ |
contents |
ABSTRAK
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an pada Peserta Didik di SMK Sore
Tulungagung” ini ditulis oleh Asma Aini Nasjwa, NIM. 1721143070. Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang di bimbing oleh Drs. H. Munardji, M.Ag
NIP. 19541218 198602 1 001
Kata Kunci : Strategi Guru, Kesulitan Membaca Al-Qur’an
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam yang
dihadapkan pada zaman modern diantaranya adalah maraknya berbagai macam
teknologi yang semakin canggih, secara tidak langsung hal itu dapat mempengaruhi
pertumbuhan peserta didik dalam belajar, khususnya dalam membaca Al-Qur’an. Di
SMK Sore Tulungagung terdapat banyak siswa yang masih kurang mampu dalam
membaca Al-Qur’an, hal ini disebabkan oleh faktor baik intern maupun ekstern. Oleh
sebab itu dibutuhkan strategi guru PAI dalam pembelajaran dan juga pada kegiatan
prifat yang dilakukan oleh guru PAI dengan harapan dapat memberikan dorongan
penuh kepada peserta didik dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi
guru PAI dalam merencanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik
dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru
PAI dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik
dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru
PAI dalam mengevaluasi pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam
membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan
strategi guru PAI dalam merencanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan
peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung (2) Untuk
menjelaskan strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi
kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore Tulungagung. (3)
Untuk menjelaskan strategi guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran untuk
mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di SMK Sore
Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam,
observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi guru PAI dalam perencanaan
pembelajaran di awal tahun yaitu: sesi wawancara membaca Al-Qur’an pada
pendaftaran siswa baru, menyusun perangkat pembelajaran, mengidentifikasi
kemampuan siswa, membuat peta kemampuan siswa, menyiapkan materi yang
relefan. 2) strategi guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu yang pertama
kegiatan pendahuluan: membentuk karakter siswa yang dekat dengan Al-Qur’an
dengan membaca surat An-Nas sampai Al-Ashr, melakukan apersepsi pembelajaran.
Yang kedua kegiatan penyajian: menggunakan materi dari LKS maupun buku
penunjang PAI, pembelajaran membaca al-quran melalui tutor teman sebaya,
mengadakan kegiatan prifat membaca Al-Qur’an. Yang ketiga kegiatan penutup:
melakukan refleksi pelajaran. 3) strategi guru PAI dalam evaluasi pembelajaran yaitu
mengadakan tes membaca Al-Qur’an dengan kriteria penilaian: adab membaca AlQur’an, ketepatan makhraj, kesesuaian bacaan dengan tajwid. Penilaian psikomotorik
yang dilakukan guru pada siswa berupa penilaian dari segi keindahan bacaan siswa
seperti membaca dengan Tartil. |
id |
IOS7171.7816 |
institution |
IAIN Tulungagung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
3120 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung |
library_id |
2406 |
collection |
Institutional Repository of IAIN Tulungagung |
repository_id |
7171 |
city |
TULUNGAGUNG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7171 |
first_indexed |
2019-05-17T02:02:49Z |
last_indexed |
2020-11-20T17:26:48Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683902405796691968 |
score |
17.538404 |