PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 3 TULUNGAGUNG MATERI LINGKARAN TAHUN AJARAN 2017/2018
ctrlnum |
7802 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/</relation><title>PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN
MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL DISCOVERY
LEARNING TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR
MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 3 TULUNGAGUNG
MATERI LINGKARAN TAHUN AJARAN 2017/2018</title><creator>ALIK HUSNA, 1724143019</creator><subject>Matematika</subject><subject>Pendidikan Tinggi</subject><description>ABSTRAK
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik
dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar
Matematika Siswa Kelas XI MAN 3 Tulungagung Materi Lingkaran Tahun
Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Alik Husna, NIM. 1724143019, pembimbing
Miswanto, M. Pd.
Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Model Discovery Learning,
Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi belajar yang diciptakan guru
serta anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit dan
menakutkan bagi siswa. Hal ini tentunya akan berpengaruh buruk terhadap hasil
dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses
pembelajaran maka perlu diterapkan suatu sistem pembelajaran yang melibatkan
peran siswa secara aktif, guna meningkatkan hasil dan motivasi belajar
matematika siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan peran
siswa secara aktif adalah pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan
model Discovery Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:
(1) adanya pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model
Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika, (2) adanya pengaruh
pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning
terhadap motivasi belajar matematika, dan (3) manakah pengaruh yang lebih besar
antara pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery
Learning terhadap hasil belajar atau terhadap motivasi belajar matematika siswa
kelas XI MAN 3 Tulungagung Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2017/201 8.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung. Pada
penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.
Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen
dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan peneliti adalah dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh pendekatan
pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap
hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai
. 2) ada pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik
dengan model Discovery Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa.
Hal ini ditunjukkan oleh nilai . 3) pengaruh yang
lebih besar adalah pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik
dengan model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas
XI MAN 3 Tulungagung materi lingkaran tahun ajaran 2017/2018. Hal ini
ditunjukkan besar pengaruh terhadap hasil belajar dengan kriteria interpretasi
nilai cohen’s 1,39 dengan persentase 91,9%. Sedangkan besar pengaruh terhadap
motivasi belajar dengan nilai cohen’s sebesar 0,6 dengan persentase 73%.</description><date>2018-04-30</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/4/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/5/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/6/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/7/BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/8/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/9/BAB%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> ALIK HUSNA, 1724143019 (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 3 TULUNGAGUNG MATERI LINGKARAN TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ] </identifier><recordID>7802</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Thesis |
author |
ALIK HUSNA, 1724143019 |
title |
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN
MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL DISCOVERY
LEARNING TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR
MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 3 TULUNGAGUNG
MATERI LINGKARAN TAHUN AJARAN 2017/2018 |
publishDate |
2018 |
isbn |
9781724143013 |
topic |
Matematika Pendidikan Tinggi |
url |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/1/COVER.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/2/ABSTRAK.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/3/DAFTAR%20ISI.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/4/BAB%201.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/5/BAB%202.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/6/BAB%203.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/7/BAB%204.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/8/BAB%205.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/9/BAB%206.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/ |
contents |
ABSTRAK
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik
dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar
Matematika Siswa Kelas XI MAN 3 Tulungagung Materi Lingkaran Tahun
Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Alik Husna, NIM. 1724143019, pembimbing
Miswanto, M. Pd.
Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Model Discovery Learning,
Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi belajar yang diciptakan guru
serta anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit dan
menakutkan bagi siswa. Hal ini tentunya akan berpengaruh buruk terhadap hasil
dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses
pembelajaran maka perlu diterapkan suatu sistem pembelajaran yang melibatkan
peran siswa secara aktif, guna meningkatkan hasil dan motivasi belajar
matematika siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan peran
siswa secara aktif adalah pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan
model Discovery Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:
(1) adanya pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model
Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika, (2) adanya pengaruh
pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning
terhadap motivasi belajar matematika, dan (3) manakah pengaruh yang lebih besar
antara pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery
Learning terhadap hasil belajar atau terhadap motivasi belajar matematika siswa
kelas XI MAN 3 Tulungagung Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2017/201 8.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung. Pada
penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.
Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen
dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan peneliti adalah dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh pendekatan
pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap
hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai
. 2) ada pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik
dengan model Discovery Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa.
Hal ini ditunjukkan oleh nilai . 3) pengaruh yang
lebih besar adalah pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik
dengan model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas
XI MAN 3 Tulungagung materi lingkaran tahun ajaran 2017/2018. Hal ini
ditunjukkan besar pengaruh terhadap hasil belajar dengan kriteria interpretasi
nilai cohen’s 1,39 dengan persentase 91,9%. Sedangkan besar pengaruh terhadap
motivasi belajar dengan nilai cohen’s sebesar 0,6 dengan persentase 73%. |
id |
IOS7171.7802 |
institution |
IAIN Tulungagung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
3120 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung |
library_id |
2406 |
collection |
Institutional Repository of IAIN Tulungagung |
repository_id |
7171 |
city |
TULUNGAGUNG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7171 |
first_indexed |
2019-05-17T02:02:49Z |
last_indexed |
2020-11-20T17:26:48Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683902405722243072 |
score |
17.538404 |