ctrlnum 7802
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/</relation><title>PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN&#xD; MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL DISCOVERY&#xD; LEARNING TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR&#xD; MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 3 TULUNGAGUNG&#xD; MATERI LINGKARAN TAHUN AJARAN 2017/2018</title><creator>ALIK HUSNA, 1724143019</creator><subject>Matematika</subject><subject>Pendidikan Tinggi</subject><description>ABSTRAK&#xD; Skripsi dengan judul &#x201C;Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik&#xD; dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar&#xD; Matematika Siswa Kelas XI MAN 3 Tulungagung Materi Lingkaran Tahun&#xD; Ajaran 2017/2018&#x201D; ini ditulis oleh Alik Husna, NIM. 1724143019, pembimbing&#xD; Miswanto, M. Pd.&#xD; Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Model Discovery Learning,&#xD; Hasil Belajar, Motivasi Belajar&#xD; Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi belajar yang diciptakan guru&#xD; serta anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit dan&#xD; menakutkan bagi siswa. Hal ini tentunya akan berpengaruh buruk terhadap hasil&#xD; dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses&#xD; pembelajaran maka perlu diterapkan suatu sistem pembelajaran yang melibatkan&#xD; peran siswa secara aktif, guna meningkatkan hasil dan motivasi belajar&#xD; matematika siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan peran&#xD; siswa secara aktif adalah pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan&#xD; model Discovery Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:&#xD; (1) adanya pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model&#xD; Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika, (2) adanya pengaruh&#xD; pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning&#xD; terhadap motivasi belajar matematika, dan (3) manakah pengaruh yang lebih besar&#xD; antara pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery&#xD; Learning terhadap hasil belajar atau terhadap motivasi belajar matematika siswa&#xD; kelas XI MAN 3 Tulungagung Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2017/201 8.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian&#xD; eksperimen. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung. Pada&#xD; penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.&#xD; Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen&#xD; dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang&#xD; digunakan peneliti adalah dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik&#xD; analisis data yang digunakan adalah uji T-Test.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh pendekatan&#xD; pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap&#xD; hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai&#xD; . 2) ada pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik&#xD; dengan model Discovery Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa.&#xD; Hal ini ditunjukkan oleh nilai . 3) pengaruh yang&#xD; lebih besar adalah pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik&#xD; dengan model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas&#xD; XI MAN 3 Tulungagung materi lingkaran tahun ajaran 2017/2018. Hal ini&#xD; ditunjukkan besar pengaruh terhadap hasil belajar dengan kriteria interpretasi&#xD; nilai cohen&#x2019;s 1,39 dengan persentase 91,9%. Sedangkan besar pengaruh terhadap&#xD; motivasi belajar dengan nilai cohen&#x2019;s sebesar 0,6 dengan persentase 73%.</description><date>2018-04-30</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/4/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/5/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/6/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/7/BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/8/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/9/BAB%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> ALIK HUSNA, 1724143019 (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 3 TULUNGAGUNG MATERI LINGKARAN TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ] </identifier><recordID>7802</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author ALIK HUSNA, 1724143019
title PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 3 TULUNGAGUNG MATERI LINGKARAN TAHUN AJARAN 2017/2018
publishDate 2018
isbn 9781724143013
topic Matematika
Pendidikan Tinggi
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/4/BAB%201.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/5/BAB%202.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/6/BAB%203.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/7/BAB%204.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/8/BAB%205.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/9/BAB%206.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7802/
contents ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN 3 Tulungagung Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Alik Husna, NIM. 1724143019, pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi belajar yang diciptakan guru serta anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit dan menakutkan bagi siswa. Hal ini tentunya akan berpengaruh buruk terhadap hasil dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses pembelajaran maka perlu diterapkan suatu sistem pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif, guna meningkatkan hasil dan motivasi belajar matematika siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif adalah pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika, (2) adanya pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap motivasi belajar matematika, dan (3) manakah pengaruh yang lebih besar antara pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap hasil belajar atau terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2017/201 8. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai . 2) ada pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai . 3) pengaruh yang lebih besar adalah pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung materi lingkaran tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan besar pengaruh terhadap hasil belajar dengan kriteria interpretasi nilai cohen’s 1,39 dengan persentase 91,9%. Sedangkan besar pengaruh terhadap motivasi belajar dengan nilai cohen’s sebesar 0,6 dengan persentase 73%.
id IOS7171.7802
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:49Z
last_indexed 2020-11-20T17:26:48Z
recordtype dc
_version_ 1683902405722243072
score 17.538404