KREATIFITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MAN 3 TULUNGAGUNG
ctrlnum |
7730 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/</relation><title>KREATIFITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE
PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN
SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MAN 3
TULUNGAGUNG</title><creator>TSALIS ASFIATUL UMMA, 1721143398</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Tinggi</subject><description>ABSTRAK
Skripsi dengan judul “Kreatifitas Guru dalam Menerapkan Metode
Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran
SKI di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Tsalis Asfiatul Umma” ,
pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I.
Kata Kunci : Kreatifitas Guru, Metode Pembelajaran
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya kreatifitas dalam suatu
pembelajaran agar siswa dapat memahami materi dengan baik, dan menurut
peneliti sekolah MAN 3 Tulungagung sudah menerapkan metode yang bervariasi
dan kreatif di bandingkan dengan sekolah yang lain oleh karena itu peneliti
sebagai calon pendidik tertarik untuk meneliti dan ingin mengetahui bagaimana
kreatifitas guru SKI di MAN 3 Tulungagung dalam penerapan metode
pembelajaran, sehingga nantinya apabila peneliti menjadi seorang pendidik bisa
mengetaahui seperti apa metode yang baik dan tepat untuk di terapkan kepada
siswa-siswinya.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana
kreatifitas guru dalam menerapkan metode brainstorming untuk meningkatkan
pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung? (2)
Bagaimana kreatifitas guru dalam menerapkan metode mind map untuk
meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3
Tulungagung? (3) Bagaimana kreatifitas guru dalam menerapkan metode jigsaw
untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3
Tulungagung?.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui
kreatifitas guru dalam menerapkan metode brainstorming untuk meningkatkan
pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung. (2) Untuk
mengetahui kreatifitas guru dalam menerapkan metode mind map untuk
meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3
Tulungagung. (3) Untuk mengetahui kreatifitas guru dalam menerapkan metode
jigsaw untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN
3 Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun
teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara
mendalam, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kreativitas guru dalam
menerapkan metode brainstorming yaitu dengan teknik individu dan kelompok,
dengan humor, menggunakan media kertas. 2) kreativitas guru dalam
menerapkan metode mind map yaitu digabungkan dengan teknik ceramah dan
tanya teman sejawat ketika siswa mempresentasikan hasil mind map nya media
kertas, Guru membagi kelompok dengan berbagai cara diantaranya dengan cara
berhitung, bernyanyi, menyiapakan media kertas untuk siswa. 3) kreativitas guru
dalam menerapkan metode jigsaw yaitu diselingi dengan bernyanyi atau
melantunkan yel-yel, Guru untuk meningkatkan pemahaman siswa mengadakan
pendekatan personal berkomunikasi dengan siswa dan memberi kebebasan kepada
siswa untuk bertanya.</description><date>2018-04-27</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/8/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/9/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> TSALIS ASFIATUL UMMA, 1721143398 (2018) KREATIFITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ] </identifier><recordID>7730</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Thesis |
author |
TSALIS ASFIATUL UMMA, 1721143398 |
title |
KREATIFITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE
PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN
SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MAN 3
TULUNGAGUNG |
publishDate |
2018 |
isbn |
9781721143399 |
topic |
Agama Pendidikan Tinggi |
url |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/1/COVER.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/2/ABSTRAK.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/3/DAFTAR%20ISI.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/4/BAB%20I.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/5/BAB%20II.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/6/BAB%20III.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/8/BAB%20IV.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/7/BAB%20V.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/9/BAB%20VI.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/ |
contents |
ABSTRAK
Skripsi dengan judul “Kreatifitas Guru dalam Menerapkan Metode
Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran
SKI di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Tsalis Asfiatul Umma” ,
pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I.
Kata Kunci : Kreatifitas Guru, Metode Pembelajaran
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya kreatifitas dalam suatu
pembelajaran agar siswa dapat memahami materi dengan baik, dan menurut
peneliti sekolah MAN 3 Tulungagung sudah menerapkan metode yang bervariasi
dan kreatif di bandingkan dengan sekolah yang lain oleh karena itu peneliti
sebagai calon pendidik tertarik untuk meneliti dan ingin mengetahui bagaimana
kreatifitas guru SKI di MAN 3 Tulungagung dalam penerapan metode
pembelajaran, sehingga nantinya apabila peneliti menjadi seorang pendidik bisa
mengetaahui seperti apa metode yang baik dan tepat untuk di terapkan kepada
siswa-siswinya.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana
kreatifitas guru dalam menerapkan metode brainstorming untuk meningkatkan
pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung? (2)
Bagaimana kreatifitas guru dalam menerapkan metode mind map untuk
meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3
Tulungagung? (3) Bagaimana kreatifitas guru dalam menerapkan metode jigsaw
untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3
Tulungagung?.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui
kreatifitas guru dalam menerapkan metode brainstorming untuk meningkatkan
pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung. (2) Untuk
mengetahui kreatifitas guru dalam menerapkan metode mind map untuk
meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3
Tulungagung. (3) Untuk mengetahui kreatifitas guru dalam menerapkan metode
jigsaw untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN
3 Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun
teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara
mendalam, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kreativitas guru dalam
menerapkan metode brainstorming yaitu dengan teknik individu dan kelompok,
dengan humor, menggunakan media kertas. 2) kreativitas guru dalam
menerapkan metode mind map yaitu digabungkan dengan teknik ceramah dan
tanya teman sejawat ketika siswa mempresentasikan hasil mind map nya media
kertas, Guru membagi kelompok dengan berbagai cara diantaranya dengan cara
berhitung, bernyanyi, menyiapakan media kertas untuk siswa. 3) kreativitas guru
dalam menerapkan metode jigsaw yaitu diselingi dengan bernyanyi atau
melantunkan yel-yel, Guru untuk meningkatkan pemahaman siswa mengadakan
pendekatan personal berkomunikasi dengan siswa dan memberi kebebasan kepada
siswa untuk bertanya. |
id |
IOS7171.7730 |
institution |
IAIN Tulungagung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
3120 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung |
library_id |
2406 |
collection |
Institutional Repository of IAIN Tulungagung |
repository_id |
7171 |
city |
TULUNGAGUNG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7171 |
first_indexed |
2019-05-17T02:02:48Z |
last_indexed |
2020-11-20T17:26:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683902405535596544 |
score |
17.538404 |