ctrlnum 7730
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/</relation><title>KREATIFITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE&#xD; PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN&#xD; SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MAN 3&#xD; TULUNGAGUNG</title><creator>TSALIS ASFIATUL UMMA, 1721143398</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Tinggi</subject><description>ABSTRAK&#xD; Skripsi dengan judul &#x201C;Kreatifitas Guru dalam Menerapkan Metode&#xD; Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran&#xD; SKI di MAN 3 Tulungagung&#x201D; ini ditulis oleh Tsalis Asfiatul Umma&#x201D; ,&#xD; pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I.&#xD; Kata Kunci : Kreatifitas Guru, Metode Pembelajaran&#xD; Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya kreatifitas dalam suatu&#xD; pembelajaran agar siswa dapat memahami materi dengan baik, dan menurut&#xD; peneliti sekolah MAN 3 Tulungagung sudah menerapkan metode yang bervariasi&#xD; dan kreatif di bandingkan dengan sekolah yang lain oleh karena itu peneliti&#xD; sebagai calon pendidik tertarik untuk meneliti dan ingin mengetahui bagaimana&#xD; kreatifitas guru SKI di MAN 3 Tulungagung dalam penerapan metode&#xD; pembelajaran, sehingga nantinya apabila peneliti menjadi seorang pendidik bisa&#xD; mengetaahui seperti apa metode yang baik dan tepat untuk di terapkan kepada&#xD; siswa-siswinya.&#xD; Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana&#xD; kreatifitas guru dalam menerapkan metode brainstorming untuk meningkatkan&#xD; pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung? (2)&#xD; Bagaimana kreatifitas guru dalam menerapkan metode mind map untuk&#xD; meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3&#xD; Tulungagung? (3) Bagaimana kreatifitas guru dalam menerapkan metode jigsaw&#xD; untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3&#xD; Tulungagung?.&#xD; Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui&#xD; kreatifitas guru dalam menerapkan metode brainstorming untuk meningkatkan&#xD; pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung. (2) Untuk&#xD; mengetahui kreatifitas guru dalam menerapkan metode mind map untuk&#xD; meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3&#xD; Tulungagung. (3) Untuk mengetahui kreatifitas guru dalam menerapkan metode&#xD; jigsaw untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN&#xD; 3 Tulungagung.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun&#xD; teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara&#xD; mendalam, observasi dan dokumentasi.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kreativitas guru dalam&#xD; menerapkan metode brainstorming yaitu dengan teknik individu dan kelompok,&#xD; dengan humor, menggunakan media kertas. 2) kreativitas guru dalam&#xD; menerapkan metode mind map yaitu digabungkan dengan teknik ceramah dan&#xD; tanya teman sejawat ketika siswa mempresentasikan hasil mind map nya media&#xD; kertas, Guru membagi kelompok dengan berbagai cara diantaranya dengan cara&#xD; berhitung, bernyanyi, menyiapakan media kertas untuk siswa. 3) kreativitas guru&#xD; dalam menerapkan metode jigsaw yaitu diselingi dengan bernyanyi atau&#xD; melantunkan yel-yel, Guru untuk meningkatkan pemahaman siswa mengadakan&#xD; pendekatan personal berkomunikasi dengan siswa dan memberi kebebasan kepada&#xD; siswa untuk bertanya.</description><date>2018-04-27</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/8/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/9/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> TSALIS ASFIATUL UMMA, 1721143398 (2018) KREATIFITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ] </identifier><recordID>7730</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author TSALIS ASFIATUL UMMA, 1721143398
title KREATIFITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MAN 3 TULUNGAGUNG
publishDate 2018
isbn 9781721143399
topic Agama
Pendidikan Tinggi
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/4/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/5/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/6/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/8/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/7/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/9/BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7730/
contents ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreatifitas Guru dalam Menerapkan Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Tsalis Asfiatul Umma” , pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Kreatifitas Guru, Metode Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya kreatifitas dalam suatu pembelajaran agar siswa dapat memahami materi dengan baik, dan menurut peneliti sekolah MAN 3 Tulungagung sudah menerapkan metode yang bervariasi dan kreatif di bandingkan dengan sekolah yang lain oleh karena itu peneliti sebagai calon pendidik tertarik untuk meneliti dan ingin mengetahui bagaimana kreatifitas guru SKI di MAN 3 Tulungagung dalam penerapan metode pembelajaran, sehingga nantinya apabila peneliti menjadi seorang pendidik bisa mengetaahui seperti apa metode yang baik dan tepat untuk di terapkan kepada siswa-siswinya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreatifitas guru dalam menerapkan metode brainstorming untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana kreatifitas guru dalam menerapkan metode mind map untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana kreatifitas guru dalam menerapkan metode jigsaw untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kreatifitas guru dalam menerapkan metode brainstorming untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui kreatifitas guru dalam menerapkan metode mind map untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui kreatifitas guru dalam menerapkan metode jigsaw untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kreativitas guru dalam menerapkan metode brainstorming yaitu dengan teknik individu dan kelompok, dengan humor, menggunakan media kertas. 2) kreativitas guru dalam menerapkan metode mind map yaitu digabungkan dengan teknik ceramah dan tanya teman sejawat ketika siswa mempresentasikan hasil mind map nya media kertas, Guru membagi kelompok dengan berbagai cara diantaranya dengan cara berhitung, bernyanyi, menyiapakan media kertas untuk siswa. 3) kreativitas guru dalam menerapkan metode jigsaw yaitu diselingi dengan bernyanyi atau melantunkan yel-yel, Guru untuk meningkatkan pemahaman siswa mengadakan pendekatan personal berkomunikasi dengan siswa dan memberi kebebasan kepada siswa untuk bertanya.
id IOS7171.7730
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:48Z
last_indexed 2020-11-20T17:26:47Z
recordtype dc
_version_ 1683902405535596544
score 17.538404