Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Buzz Group (diskusi kelompok kecil) dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Mahmudah”, pembimbing Dr. H. Zaini, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci : Strategi Buzz Group, Metode Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa Latar Belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar peseta didik terhadap pelajaran SKI. Dengan kurangnya motivasi belajar peserta didik terhadap pelajaran SKI ini, berarti menunjukkan bahwa kurang kreatifnya guru dalam menggunakan strategi dan metode pembelajaran. Sehingga menyebabkan motivasi belajar serta pemahaman peserta didik terhadap pelajaran SKI kurang. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan strategi guru SKI dalam membangkitkan motivasi belajar siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Penerapan strategi Buzz Group (menggunakan Metode Peta Konsep/Mind Map) dalam membangkitkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAN 3 Tulungagung Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana Penerapan strategi Buzz Group (menggunakan metode Snawball Throwing) dalam membangkitkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAN 3 Tulungagung Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Penerapan Strategi Buuz Grop (menggunakan Meode Peta Kosep/ Mind map) dalam membangkitkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAN 3 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. (2)Untuk mengetahui Penerapan Strategi Buuz Grop (menggunakan Metode Snawball Throwing) dalam membangkitkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAN 3 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan Strategi Buzz Group menggunakan metode mind map dalam membangkitkan motivasi belajar siswa sudah terlaksana dengan baik, meliputi tahap persiapan, langkah-langkah dan penerapan sesuai dengan RPP dan motivasi belajar siswa meningkat, sangat membantu dalam proses pembelajaran, siswa sangat antusias dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan strategi dan metode ini hasilnya bisa dilihat dari aspek kognitif siswa. 2) Penerapan strategi buzz group menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran SKI sudah terlaksana dengan baik, meliputi tahap persiapan, langkah-langkah dan penerapan sesuai RPP dan juga motivasi belajar siswa meningkat, siswa sangat senang ketika mengikuti proses pembelajaran.