ctrlnum 7691
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/</relation><title>ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS XI TSM DI SMK SIANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018</title><creator>ARISKA HIDAYATUL MUFIDAH, 1724143042</creator><subject>Matematika</subject><subject>Pendidikan Tinggi</subject><description>ABSTRAK&#xD; Skripsi dengan judul &#x201C;Analisis Pemahaman Konseptual Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Siang Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018&#x201D; ini ditulis oleh Ariska Hidayatul Mufidah, NIM 1724143042, pembimbing Sutopo, M. Pd.&#xD; &#xD; Kata Kunci : Pemahaman Konseptual, Trigonometri&#xD; &#xD; Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang mengalami kesulitas dalam belajar materi trigonometri. Mereka menganggap bahwa materi trigonometri tidak berkaitan dengan materi sebelumnya yaitu teorema Phytagoras. Terelbih lagi siswa harus menghafalkan dam memahami lebih dari satu rumus, sehingga siswa merasa kesulitan ketika dihadapkan dengan soal yang lebih rumit. Permasalahan ini berhubungan pemahaman konseptual siswa, dimana pemahaman konsep diperlukan siswa untuk memahami materi yang ada hubungannya dengan konsep tersebut.&#xD; Penlitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan pemahaman konseptual siswa berkemampuan tinggi dalam memahami materi trigonometri di kelas XI TSM SMK Siang Tulungagung, (2) Mendiskripsikan pemahaman konseptual siswa berkemampuan rendah dalam memahami materi trigonometri di kelas XI TSM SMK Siang Tulungagung&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tes tertulis diikuti oleh 18 siswa kelas XI TSM dengan 2 butir soal, yang kemudian dipilih 4 siswa menjadi subyek penelitian yang mewakili siswa berkemampuan tinggi dan kemampuan rendah dimana observasi dan dokumentasi digunakan sebagai data penunjang. Tempat penelitian ini di laksanakan di SMK Siang Tulungagung. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman Konseptual dengan Kemampuan Kognitif tinggi mampu memenuhi empat indikator, yakni mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mampu memberikan contoh dan non contoh, mampu mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup, serta mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu. (2) Pemahaman Konseptual dengan Kemampuan Kognitif Rendah belum mampu memenuhi keempat indikator, yakni belum mampu menyatakan ulang sebuah konsep, belum mampu memberikan contoh dan non contoh, belum mampu mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup, serta belum mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu.</description><date>2018-04-25</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/9/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/10/Daftar%20Rujukan.pdf</identifier><identifier> ARISKA HIDAYATUL MUFIDAH, 1724143042 (2018) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS XI TSM DI SMK SIANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ] </identifier><recordID>7691</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author ARISKA HIDAYATUL MUFIDAH, 1724143042
title ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS XI TSM DI SMK SIANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018
publishDate 2018
isbn 9781724143044
topic Matematika
Pendidikan Tinggi
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/1/Cover.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/2/Abstrak.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/4/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/5/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/6/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/7/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/8/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/9/BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/10/Daftar%20Rujukan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7691/
contents ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Konseptual Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Siang Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Ariska Hidayatul Mufidah, NIM 1724143042, pembimbing Sutopo, M. Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konseptual, Trigonometri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang mengalami kesulitas dalam belajar materi trigonometri. Mereka menganggap bahwa materi trigonometri tidak berkaitan dengan materi sebelumnya yaitu teorema Phytagoras. Terelbih lagi siswa harus menghafalkan dam memahami lebih dari satu rumus, sehingga siswa merasa kesulitan ketika dihadapkan dengan soal yang lebih rumit. Permasalahan ini berhubungan pemahaman konseptual siswa, dimana pemahaman konsep diperlukan siswa untuk memahami materi yang ada hubungannya dengan konsep tersebut. Penlitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan pemahaman konseptual siswa berkemampuan tinggi dalam memahami materi trigonometri di kelas XI TSM SMK Siang Tulungagung, (2) Mendiskripsikan pemahaman konseptual siswa berkemampuan rendah dalam memahami materi trigonometri di kelas XI TSM SMK Siang Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tes tertulis diikuti oleh 18 siswa kelas XI TSM dengan 2 butir soal, yang kemudian dipilih 4 siswa menjadi subyek penelitian yang mewakili siswa berkemampuan tinggi dan kemampuan rendah dimana observasi dan dokumentasi digunakan sebagai data penunjang. Tempat penelitian ini di laksanakan di SMK Siang Tulungagung. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman Konseptual dengan Kemampuan Kognitif tinggi mampu memenuhi empat indikator, yakni mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mampu memberikan contoh dan non contoh, mampu mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup, serta mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu. (2) Pemahaman Konseptual dengan Kemampuan Kognitif Rendah belum mampu memenuhi keempat indikator, yakni belum mampu menyatakan ulang sebuah konsep, belum mampu memberikan contoh dan non contoh, belum mampu mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup, serta belum mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu.
id IOS7171.7691
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:48Z
last_indexed 2020-11-20T17:26:47Z
recordtype dc
_version_ 1683902405152866304
score 17.538404