PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 DURENAN TRENGGALEK
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Afad Abdul Ghofur, NIM : 2811133011. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul : “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Durenan Trenggalek”, Dosen Pembimbing H. Abdulloh Chakim, M.Pd, NIP. 19730107 199803 1 003 Kata kunci : Pola Asuh Otoriter, Pola Asuh Demokratis, dan Prestasi Belajar Pola asuh orangtua dapat mempengaruhi prestasi belajar anak, dan dalam penelitaian ini peneliti bermaksud mengungkap pola asuh orang tua siswa kelas VIII di SMPN 2 Durenan Trenggalek yang kemudian dicari hubungannya dengan prestasi belajar siswa tersebut. Tujuan dalam penelitian ini mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa VIII SMPN 2 Durenan Trenggalek (2) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua demokratis terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 2 Durenan Trenggalek (3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 2 Durenan Trenggalek Metode peneletian yang diguanakan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII berjumlah 161 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak sampel dalam penelitian sebanyak 40 siswa ditentukan dengan tehnik random sampling. Pengumpulan data variabel gaya belajar menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas instrument angket diuji dengan rumus korelasi product moment. uji reliabilitas tes diuji angket menggunakan rumus Alpha Conbrach. Uji persyaratan analisis normalitas dan linearitas diuji sebelum uji hipotesis. Sedangkan uji hipotesis diuji dengan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak adanya pengaruh pola asuh otoriter dengan prestasi PAI siswa kelas VIII dengan hasil signifikan -3.553 > 2.004 α = 0,05sig = 0,001 (2) Adanya pengaruh pola asuh demokratis dengan prestasi PAI siswa kelas VIII dengan hasil signifikan 3.255 > 2.004 α = 0,05 Sig =0,002 .(3) Adanya pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII dengan hasil signifikan Fhitung (10.670) > Ftabel (3.132) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05