Daftar Isi:
  • ABSTRAK Anggia Fatchur. R, 2018, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Simpanan Masyarakat Syariah Pada Baitul Maal Wa Tamwil Istiqomah Tulungagung, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Nur Aini Latifah, SE., MM Kata Kunci: Pelayanan yang baik, Bagi Hasil, Kualitas Produk, Lokasi Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada umumnya masyarakat Indonesia sebagian besar muslim dihadapkan pada suatu pilihan, yaitu penyimpanan dana di lembaga keuangan konvensional. Sedangkan sudah diketahui bersama lembaga keuangan konvensional manganut sistem bunga yang menurut sebagian ulama sistem bunga adalah termasuk yang diharamkan karena dikategorikan dalam jenis riba, oleh karena itu didirikan lembaga keuangan syariah dimana dalam sistem nya tidak menganut sistem bunga melainkan menganut sistem bagi hasil. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa sajakah faktorfaktor yang mempengaruhi minat menabung Simpanan Masyarakat Syariah di Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung? (2) Bagaimana strategi yang dilakukan Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung dalam meningkatkan minat menabung Simpanan Masyarakat Syariah? (3) Kendala-kendala apa saja yang ditemui dalam pelaksanaan strategi peningkatan minat nasabah dalam menabung Simpanan Masyarakat Syariah di Baitul Mal Wat Tamwil Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis yang peneliti gunakan adalah analisis Interaktif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat menabung simpanan masyarakat syariah di Baitul Maal Wa Tamwil Istiqomah Tulungagung adalah adanya pelayanan yang baik kepada nasabah, sehingga nasabah merasa puas ketika bertransaksi, bagi hasil yang diberikan kepada nasabah tiap bulannya, kualitas produk yang sesuai syariah, dan lokasi yang mudah dijangkau. Sedangkan untuk strategi yang digunakan adalah strategi bauran pemasaran dengan memperhatikan 4P, yaitu produk, price, place, dan promotion. Kemudian untuk kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi tersebut adalah minimnya kesadaran masyarakat untuk menabung dan jika ada nasabah yang dengan tiba-tiba menutup tabungannya.