ctrlnum 7316
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/</relation><title>STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA&#xD; (Studi Multi Situs di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat &#xD; dan MI An Najah Joho Wates Kediri)</title><creator>ENDANG LESTARI, 1755154015</creator><subject>Matematika</subject><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Tesis dengan judul &#x201C;Strategi Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Multisitus di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An-Najah Joho Wates Kediri)&#x201D; ini ditulis oleh Endang Lestari dengan dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan M, M.Pd dan Dr. H. Syamsun Ni&#x2019;am, M.Ag.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Matematika, Prestasi Belajar.&#xD; &#xD; Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan dan harapan &#xD; atas mutu pembelajaran, terutama mata pelajaran matematika. Matematika merupakan pengetahuan universal yang mendasari perkembangan teknologi modern dan mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa prestasi belajar matematika siswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu, sudah seharusnyalah kita sebagai pendidik merencanakan suatu siasat dengan pola perencanaan yang berisi rangkaian kegiatan dan tindakan pembelajaran yang dipilih dan digunakan guru secara kontekstual sesuai dengan karakteristik siswa, kondisi sekolah, lingkungan sekitar, termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan khusus pembelajaran tertentu yang dirumuskan dalam rangka peningkatan kualitas mutu pembelajaran.&#xD; Berdasarkan konteks penelitian dan observasi awal dilapangan, fokus penelitian tesis ini adalah strategi pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An-Najah Joho Wates Kediri. Pertanyaan dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?; (2) Bagaimana metode pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?; (3) Bagaimana teknik pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?; (4) Bagaimana evaluasi pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?;&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik dengan jenis multi situs, lokasinya di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An-Najah&#xD; Joho Wates Kediri, sumber datanya data primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini, maka diadakan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, diskusi teman sejawat, triangulasi data, dan triangulasi sumber data. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data multi situs yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.&#xD; Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An-Najah Joho Wates Kediri diantaranya pendekatan kontruktivisme, pendekatan matematika realistik, pendekatan pemecahan masalah; (2) Metode pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An Najah Joho Wates Kediri diantaranya: metode tanya jawab, ceramah, diskusi, resitasi, demonstrasi, discovery, dan inkuiri, (3) Teknik pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An Najah Joho Wates Kediri diantaranya: teknik tanya jawab, menjelaskan, teknik diskusi, teknik penemuan terbimbing (4) Evaluasi pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An Najah Joho Wates Kediri adalah dengan penilaian proses dan penilaian hasil yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, sedangkan jenisnya adalah sumatif, formatif, dan diagnostik.</description><date>2018-02-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/9/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> ENDANG LESTARI, 1755154015 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Multi Situs di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An Najah Joho Wates Kediri). [ Thesis ] </identifier><recordID>7316</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ENDANG LESTARI, 1755154015
title STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Multi Situs di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An Najah Joho Wates Kediri)
publishDate 2018
isbn 9781755154019
topic Matematika
Pendidikan Dasar
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/4/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/5/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/6/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/7/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/8/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/9/BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7316/
contents ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Multisitus di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An-Najah Joho Wates Kediri)” ini ditulis oleh Endang Lestari dengan dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan M, M.Pd dan Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Matematika, Prestasi Belajar. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan dan harapan atas mutu pembelajaran, terutama mata pelajaran matematika. Matematika merupakan pengetahuan universal yang mendasari perkembangan teknologi modern dan mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa prestasi belajar matematika siswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu, sudah seharusnyalah kita sebagai pendidik merencanakan suatu siasat dengan pola perencanaan yang berisi rangkaian kegiatan dan tindakan pembelajaran yang dipilih dan digunakan guru secara kontekstual sesuai dengan karakteristik siswa, kondisi sekolah, lingkungan sekitar, termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan khusus pembelajaran tertentu yang dirumuskan dalam rangka peningkatan kualitas mutu pembelajaran. Berdasarkan konteks penelitian dan observasi awal dilapangan, fokus penelitian tesis ini adalah strategi pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An-Najah Joho Wates Kediri. Pertanyaan dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?; (2) Bagaimana metode pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?; (3) Bagaimana teknik pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?; (4) Bagaimana evaluasi pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik dengan jenis multi situs, lokasinya di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An-Najah Joho Wates Kediri, sumber datanya data primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini, maka diadakan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, diskusi teman sejawat, triangulasi data, dan triangulasi sumber data. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data multi situs yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An-Najah Joho Wates Kediri diantaranya pendekatan kontruktivisme, pendekatan matematika realistik, pendekatan pemecahan masalah; (2) Metode pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An Najah Joho Wates Kediri diantaranya: metode tanya jawab, ceramah, diskusi, resitasi, demonstrasi, discovery, dan inkuiri, (3) Teknik pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An Najah Joho Wates Kediri diantaranya: teknik tanya jawab, menjelaskan, teknik diskusi, teknik penemuan terbimbing (4) Evaluasi pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An Najah Joho Wates Kediri adalah dengan penilaian proses dan penilaian hasil yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, sedangkan jenisnya adalah sumatif, formatif, dan diagnostik.
id IOS7171.7316
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:45Z
last_indexed 2020-11-20T17:26:44Z
recordtype dc
_version_ 1683902402930933760
score 17.538404