Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tesis dengan judul “Pendekatan Guru dalam Menghadapi Problematika Pendidikan Karakter (Studi Multikasus di MTsN Tulungagung dan MTs As-Syafiiyah Gondang)” ini ditulis oleh Sulthonul Arifin, dengan dibimbing oleh Dr. Ngainun Naim, M. H. dan Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. Kata kunci: Pendekatan Guru, Pendidikan Karakter. Penelitian tesis ini dilatarbelakangi oleh realita sosial yang menununjukkan bahwa persoalan moral merupakan permasalahan berat yang dilimpahkan pada pendidik—dengan angka yang fantastis dengan angka meningkat pada tahun-tahun terakir. Kasus narkoba, pergaulan bebas, perkelahian, dan kasus penyimpangan lainnya mewarnai realita sosial yang memperihatinkan. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam merancang pendidikan karakter di MTsN Tulungagung dan MTs Asyafi’iyah Gondang?; (2) Bagaimana implementasi guru dalam pendidkan karakter di MTsN Tulungagung dan MTs Asyafi’iyah Gondang?; dan (3)Bagaimana implikasi pendidikan karakter di MTsN Tulungagung dan MTs Asyafi’iyah Gondang? Manfaaat tesis ini bagi penulis sendiri adalah untuk menambah wawasan, pola pikir, sikap, pengalaman, sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pembelajaran, yakni dengan memahami nilai pedidikan karakter. Strategi dan implementasi yang diterapkan oleh guru. Dan dampak dari penerapan pendidikan karakter tersebut. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pendekatan yang diterapakan oleh guru mengacu pada tindak pencegahan degradasi moral dengan strategi integrasi pendidikan karakter yang bertolak pada kurikulum. (2) Implementasi pendidikan karakter diterapkan dengan penanaman nilai pendidikan karakter melalu berbagai metode dalam kelas dan metode pembiasaan di luar kelas. (3) Implikasi pendidikan karakter adalah untuk menciptakan generasi-generasi berkarakter.