Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Frekuensi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bakung Blitar” ini ditulis oleh Nuril Aniswatul Lailiyah, NIM. 2814133140, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Frekuensi, Hasil Belajar. Kecerdasan emosional yang baik dan frekuensi belajar yang efektif dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran dapat diketahui dengan melihat hasil belajar yang diraih oleh siswa. Hasil belajar yang baik dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bakung Blitar. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bakung Blitar. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dan frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bakung Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel ditentukan sendiri dengan pertimbangan tertentu dan tidak diambil secara acak. Untuk teknik pengumpulan data meggunakan metode tes, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pada data kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai Sig. 0,042 < 0,05. Hal ini menunjukkan ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa. Untuk data frekuensi belajar diperoleh nilai Sig. 0,003 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Sedangkan untuk data pengaruh kecerdasan emosional dan frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai Sig. 0,013 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kecerdasan emosioal dan frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika.