ctrlnum 7163
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/</relation><title>PENGEMBANGAN KURIKULUM FULLDAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM&#xD; (Studi Multi Situs di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung)</title><creator>FICKY DEWI IXFINA, 1755154019</creator><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>ABSTRAK&#xD; Tesis dengan judul &#x201C;Pengembangan kurikulum fullday school dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam (studi multi situs SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung) ini ditulis oleh Ficky Dewi Ixfina, dibimbing oleh Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd. dan Dr. Chusnul Chotimah, M. Ag. &#xD; Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, Fullday School, Mutu, Pendidikan&#xD; &#xD; Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena pendidikan di Indonesia yang terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan disegala aspek, untuk mengembangkan dan memajukan pendidikan, pemerintah senantiasa memberikan dorongan kepada lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi-inovasi, salah satu cara untuk merealisasikan adalah adanya pengembangan kurikulum di lembaga pendidikan Islam sebagai bentuk inovasi pendidikan Islam. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut diatas, mendorong penulis untuk mengadakan penelitian tentang &#x201C;Pengembangan Kurikulum Fullday School Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam&#x201D;(Studi multi situs SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung) &#xD; Pertanyaan dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana konsep pengembangan kurikulum fullday school dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana implemestasi pengembangan kurikulum fullday school dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana implikasi pengembangan kurikulum fullday school dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung? &#xD; Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif, sementara dalam pengumpulan data menggunkan metode wawancara partisipan, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang terkumpul, penulis menggunakan analisis deskriptif.analisis data menggunkan reduksidata, sajian data, penarikan kesimpulan.dalam pengecekan keabsahan data melalui kreadibilitas, tranferabilitas, rehabilitas, konfirmabilitas. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konsep fullday school di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung yang dilaksanakan adalah, interelasi, kesiapan lembaga, pengembangan tugas. 2) implementasi pengembangan kurikulum fullday school di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung Beberapa implementasi Pengembangan kurikulum yang dilaksanakan adalah diagnosis kebutuhan, merumuskan tujuan pendidikan, seleksi dan organisasi isi, seleksi dan organisasi pengalaman belajar, serta evaluasi dan cara untuk melakukanya. 3) Dampak pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al&#x2013;Azhaar Kedungwaru Tulungagung berimplikasi baik terhadap prestasi siswa, baik prestasi akademik maupun non akademik. Dengan prestasi yang baik dapat meningkatkan mutu pendidikan Islam yang semakin baik. Mutu pendidikan yang baik akan mencetak ratusan lulusan yang memiliki daya saing yang tidak diragukan lagi.</description><date>2018-01-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/9/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> FICKY DEWI IXFINA, 1755154019 (2018) PENGEMBANGAN KURIKULUM FULLDAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multi Situs di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung). [ Thesis ] </identifier><recordID>7163</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FICKY DEWI IXFINA, 1755154019
title PENGEMBANGAN KURIKULUM FULLDAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multi Situs di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung)
publishDate 2018
isbn 9781755154019
topic Pendidikan Dasar
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/4/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/5/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/6/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/7/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/8/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/9/BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7163/
contents ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan kurikulum fullday school dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam (studi multi situs SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung) ini ditulis oleh Ficky Dewi Ixfina, dibimbing oleh Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd. dan Dr. Chusnul Chotimah, M. Ag. Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, Fullday School, Mutu, Pendidikan Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena pendidikan di Indonesia yang terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan disegala aspek, untuk mengembangkan dan memajukan pendidikan, pemerintah senantiasa memberikan dorongan kepada lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi-inovasi, salah satu cara untuk merealisasikan adalah adanya pengembangan kurikulum di lembaga pendidikan Islam sebagai bentuk inovasi pendidikan Islam. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut diatas, mendorong penulis untuk mengadakan penelitian tentang “Pengembangan Kurikulum Fullday School Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam”(Studi multi situs SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung) Pertanyaan dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana konsep pengembangan kurikulum fullday school dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana implemestasi pengembangan kurikulum fullday school dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana implikasi pengembangan kurikulum fullday school dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung? Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif, sementara dalam pengumpulan data menggunkan metode wawancara partisipan, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang terkumpul, penulis menggunakan analisis deskriptif.analisis data menggunkan reduksidata, sajian data, penarikan kesimpulan.dalam pengecekan keabsahan data melalui kreadibilitas, tranferabilitas, rehabilitas, konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konsep fullday school di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung yang dilaksanakan adalah, interelasi, kesiapan lembaga, pengembangan tugas. 2) implementasi pengembangan kurikulum fullday school di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung Beberapa implementasi Pengembangan kurikulum yang dilaksanakan adalah diagnosis kebutuhan, merumuskan tujuan pendidikan, seleksi dan organisasi isi, seleksi dan organisasi pengalaman belajar, serta evaluasi dan cara untuk melakukanya. 3) Dampak pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al–Azhaar Kedungwaru Tulungagung berimplikasi baik terhadap prestasi siswa, baik prestasi akademik maupun non akademik. Dengan prestasi yang baik dapat meningkatkan mutu pendidikan Islam yang semakin baik. Mutu pendidikan yang baik akan mencetak ratusan lulusan yang memiliki daya saing yang tidak diragukan lagi.
id IOS7171.7163
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:43Z
last_indexed 2020-11-20T17:26:43Z
recordtype dc
_version_ 1683902402302836736
score 17.538404