ISLAMIC EDUCATIONAL SOCIOLOGY (Konsep Dasar dan Pengembangan)

Main Author: Nur Efendi, 196501201998031002
Format: Book PeerReviewed Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: RUMAH MEDIA , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7142/1/ISLAMIC%20SOSIOLGI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7142/
Daftar Isi:
  • Sosiologi pendidikan Islam berasal dari dua kata, sosiologi dan pendidikan Islam. Pada awalnya sosiologi berkembang sesuai dengan obyek dan tujuannya sendiri, demikian pula pendidikan. Dengan adanya perkembangan masyarakat yang begitu cepat segala aspek kehidupan memerlukan pengetahuan sesuai dengan kebutuhan. Sosiologi tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, demikian pula kalau hanya pendidikan saja. Perkembangan masyarakat yang sangat komplek memerlukan ilmu pengetahuan yang kompleks pula. Salah satunya adalah sosiologi pendidikan Islam. Dalam dunia pendidikan Islam, senantiasa memerlukan ilmu-ilmu lain yang dapat mendukung dan menunjang perkembangan pendidikan Islam, diantaranya sosiologi. Sesuai dengan subjek dan objek pendidikan Islam, yaitu manusia dengan fitrahnya, maka secara langsung pendidikan membahas tentang perilaku manusia, sehingga bisa menjadi manusia yang baik, sebagai makhluk sosial dan makhluk individual. Sebagai mahkluk individual, pendidikan memerlukan ilmu psikologi, tetapi sebagai makhluk sosial, pendidikan memerlukan ilmu sosial.