PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERAIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Yuni Nurul Hidayah, NIM: 2814133206. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Materi Aritmetika Sosial SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dibimbing oleh: Miswanto, M.Pd Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya minat belajar dan keaktifan siswa, serta siswa yang tidak percaya diri dalam menyelesaikan soal ataupun masalah matematika. Dalam proses pembelajaran, fenomena tersebut akan berdampak pada hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Dimana penelitian ini akan menuntut siswa untuk mengeksplorasi pengetahuan dengan pasangannya dan mempresentasikan hasil kerjanya, sehingga siswa akan lebih percaya diri, mudah memahami apa yang dipelajarinya dan hasil belajarpun meningkat. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) untuk mengetahui adanya Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung, (2) untuk mengetahi seberapa besar Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, serta menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi, tes dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang kondisi dan proses pembelajaran matematika. Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah mendapatkan perlakuan, sedang metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama siswa dan nilai ujian tengah semester kelas VII-A dan VII-B sebagai sampel penelitian. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dengan menggunakan uji t-test diperoleh nilai t_hitung=3,1719>t_( tabel)=1,99346 pada taraf signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi aritmetika sosial di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan besar pengaruhnya yaitu 7,9%.