Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fitria Aisah. 2017. Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Materi Segiempat Kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas, Soal Open Ended. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pemecahan masalah dengan beraneka ragam penyelesaian mengacu pada kreativitas siswa. Salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas siswa adalah melalui soal open ended. Soal open ended memiliki tantangan tersendiri bagi siswa, dimana setiap siswa mempunyai kesempatan untuk menyajikan hal-hal baru dengan penyelesaian yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal open ended materi segiempat kelas VII MTs Darul Huda tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajaran 2016/2017. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa kelas VII C dalam menyelesaikan soal open ended pada materi segiempat tergolong cukup baik. Siswa cenderung pada tingkat kreatif yaitu sebesar 50%. Artinya sebanyak 50% dari jumlah subjek tersebut mampu menunjukkan kefasihan dan fleksibilitas. Pada indikator kreativitas yaitu kefasihan, siswa tersebut mampu menghasilkan banyak ide, solusi dan jawaban serta kelancaran dalam menyelesaikan soal. Pada indikator kreativitas yaitu fleksibilitas, siswa tersebut mampu menggunakan bermacam-macam pendekatan atau cara yang berbeda dalam menyelesaikan soal. Namun pada indikator kreativitas yaitu kebaruan, siswa tersebut belum mampu menyelesaikan soal dengan cara yang baru dan unik. Kreativitas siswa pada komponen kefasihan mencapai 60,41%, pada komponen fleksibilitas mencapai 77,08%, sedangkan untuk komponen kebaruan mencapai 46,52%. Secara keseluruhan siswa yang tergolong kriteria kreativitas yaitu kreatif sebanyak 12 siswa (50%), tergolong cukup kreatif sebanyak 7 siswa (29,17%), tergolong kurang kreatif sebanyak 1 siswa (4,17%) dan tergolong tidak kreatif sebanyak 4 siswa (16,67%). ABSTRAK Fitria Aisah. 2017. Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Materi Segiempat Kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas, Soal Open Ended. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pemecahan masalah dengan beraneka ragam penyelesaian mengacu pada kreativitas siswa. Salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas siswa adalah melalui soal open ended. Soal open ended memiliki tantangan tersendiri bagi siswa, dimana setiap siswa mempunyai kesempatan untuk menyajikan hal-hal baru dengan penyelesaian yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal open ended materi segiempat kelas VII MTs Darul Huda tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajaran 2016/2017. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa kelas VII C dalam menyelesaikan soal open ended pada materi segiempat tergolong cukup baik. Siswa cenderung pada tingkat kreatif yaitu sebesar 50%. Artinya sebanyak 50% dari jumlah subjek tersebut mampu menunjukkan kefasihan dan fleksibilitas. Pada indikator kreativitas yaitu kefasihan, siswa tersebut mampu menghasilkan banyak ide, solusi dan jawaban serta kelancaran dalam menyelesaikan soal. Pada indikator kreativitas yaitu fleksibilitas, siswa tersebut mampu menggunakan bermacam-macam pendekatan atau cara yang berbeda dalam menyelesaikan soal. Namun pada indikator kreativitas yaitu kebaruan, siswa tersebut belum mampu menyelesaikan soal dengan cara yang baru dan unik. Kreativitas siswa pada komponen kefasihan mencapai 60,41%, pada komponen fleksibilitas mencapai 77,08%, sedangkan untuk komponen kebaruan mencapai 46,52%. Secara keseluruhan siswa yang tergolong kriteria kreativitas yaitu kreatif sebanyak 12 siswa (50%), tergolong cukup kreatif sebanyak 7 siswa (29,17%), tergolong kurang kreatif sebanyak 1 siswa (4,17%) dan tergolong tidak kreatif sebanyak 4 siswa (16,67%). ABSTRAK Fitria Aisah. 2017. Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Materi Segiempat Kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas, Soal Open Ended. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pemecahan masalah dengan beraneka ragam penyelesaian mengacu pada kreativitas siswa. Salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas siswa adalah melalui soal open ended. Soal open ended memiliki tantangan tersendiri bagi siswa, dimana setiap siswa mempunyai kesempatan untuk menyajikan hal-hal baru dengan penyelesaian yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal open ended materi segiempat kelas VII MTs Darul Huda tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajaran 2016/2017. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa kelas VII C dalam menyelesaikan soal open ended pada materi segiempat tergolong cukup baik. Siswa cenderung pada tingkat kreatif yaitu sebesar 50%. Artinya sebanyak 50% dari jumlah subjek tersebut mampu menunjukkan kefasihan dan fleksibilitas. Pada indikator kreativitas yaitu kefasihan, siswa tersebut mampu menghasilkan banyak ide, solusi dan jawaban serta kelancaran dalam menyelesaikan soal. Pada indikator kreativitas yaitu fleksibilitas, siswa tersebut mampu menggunakan bermacam-macam pendekatan atau cara yang berbeda dalam menyelesaikan soal. Namun pada indikator kreativitas yaitu kebaruan, siswa tersebut belum mampu menyelesaikan soal dengan cara yang baru dan unik. Kreativitas siswa pada komponen kefasihan mencapai 60,41%, pada komponen fleksibilitas mencapai 77,08%, sedangkan untuk komponen kebaruan mencapai 46,52%. Secara keseluruhan siswa yang tergolong kriteria kreativitas yaitu kreatif sebanyak 12 siswa (50%), tergolong cukup kreatif sebanyak 7 siswa (29,17%), tergolong kurang kreatif sebanyak 1 siswa (4,17%) dan tergolong tidak kreatif sebanyak 4 siswa (16,67%).