PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS MASALAH REALISTIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL SISWA KELAS VII MTsN TUNGGANGRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Masalah Realistis Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII MTsN Tunggangri Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Sefima Dea Fortunaningtyas, NIM. 2814133174, pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), Masalah Realistis, Hasil Belajar. Fenomena bahwa matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang menakutkan dan cenderung membosankan bagi siswa. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang menarik dan cenderung berpusat pada guru. Selain itu, model pembelajaran yang kurang tepat dengan materi yang diajarkan sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa, sehingga akan mempengaruhi hasil belajarnya. Dalam hal ini, guru harus mengembangkan ide kreatifnya untuk menggunakan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang mengacu pada belajar kelompok siswa, masing-masing anggota memiliki bagian tugas dengan nomor yang berbeda-beda. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis masalah realistis terhadap hasil belajar matematika materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII MTsN Tunggangri tahun ajaran 2016/2017 (2) untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis masalah realistis terhadap hasil belajar matematika materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII MTsN Tunggangri tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data menggunakan uji instrumen yang berupa uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat yang berupa uji homogenitas dan normalitas, dan uji hipotesis menggunakan independent samples t-test dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis masalah realistis terhadap hasil belajar matematika materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII MTsN Tunggangri tahun ajaran 2016/2017 dengan dengan nilai t_hitung (6.312)>t_(tabel ) (1.990063) (2) besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis masalah realistis terhadap hasil belajar matematika materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII MTsN Tunggangri tahun ajaran 2016/2017 adalah 1.40675 . Berdasarkan tabel interpretasi Cohen’s presentasenya sebesar 91.9%, sehingga besar pengaruhnya dikatakan tinggi.