KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KELAS VII DI SMPN I BESUKI TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Antin Wahyuningsih, NIM. 2811133040, 2017, Kompetensi Profesional Guru PAI Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Kelas VII Di SMPN I Besuki Tulungagung, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen Pembimbing Indah Khomsiyah, M.Pd. Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru PAI, Media Pembelajaran Penelitian dalam sekripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa disetiap sekolah dihadapkan pada suatu kondisi dimana sekolah harusmampu mengembangkan potensi peserta didik sesuai bakat dan kompetensinya. Hal ini sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas dan permendikbud No. 62 tahun 2014 tentang kompetensi Profesional Guru. Namun dalam Kompetensi Profesional Guru PAI Dalam Penggunaan Media Pembelajaran antar sekolah satu dengan sekolah lain akan berbeda. Untuk itu peneliti akan membahas tentang Kompetensi Profesional Guru PAI Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Di SMPN I Besuki Tulungagung baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kompetensi profesional guru PAI dalam perencanaan penggunaan media pembelajaran kelas VII di SMPN 1 Besuki Tulungagung? (2) Bagaimana kompetensi profesional guru PAI dalam pelaksanaan media pembelajaran kelas VII di SMPN 1 Besuki Tulungagung? (3) Bagaimana kompetensi profesional guru PAI dalam evaluasi penggunaan media pembelajaran kelas VII di SMPN 1 Besuki Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kompetensi profesional guru PAI dalam perencanaan penggunaan media pembelajaran kelas VII di SMPN 1 Besuki Tulungagung? (2) Untuk mengetahui kompetensi profesional guru PAI dalam pelaksanaan media pembelajaran kelas VII di SMPN 1 Besuki Tulungagung? (3) Untuk mengetahui kompetensi profesional guru PAI dalam evaluasi penggunaan media pembelajaran kelas VII di SMPN 1 Besuki Tulungagung. Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian ini, peneliti mengggunakan pedekatan kualitatif deskriptif, penggalian informasi di lapangan, metode pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi, sumber data utama dalam penelitian kualitatif ialah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Teknik analisis data menggunaksn model interaktif dari Miles and Huberman berupa reduksi dats, penyajian data dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan/keajegan pengamatan dan triangulasi. Adapun temuan penelitan sebagai berikut: 1) kompetensi profesional guru PAI dalam perencanaan penggunaan media pembelajaran kelas VII di SMPN 1 Besuki Tulungagung meliputi: Perumuskan tujuan dilaksanakan media pembelajaran, Penentuan aspek yang akan di nilai, Pemelihan teknik yang digunakan dalam penggunaan media pembelajaran, Penyusunan alat media pembelajaran yang terdiri dari standar kompetensi lulusan, kisi-kisi soal, kartu soal, dan kunci jawaban, Penentuan tolak ukur dengan menggunakan pendekatan, Penentuan kapan diadakan media pembelajaran. 2) kompetensi profesional guru PAI dalam pelaksanaan media pembelajaran kelas VII di SMPN 1 Besuki Tulungagung ada 3 pelaksanaan yaitu disiapkan sarana pendukungnya berupa. Sarana pendukung tersebut dapat berupa CD pembelajaran atau dapat juga hasil browsing di internet, kesesuaian media pembelajaran dengan materi pembelajaran, Kemampuan guru dalam mengoperasikan peralatan media pembelajaran. 3) kompetensi profesional guru PAI dalam evaluasi penggunaan media pembelajaran kelas VII di SMPN 1 Besuki Tulungagung terdiri dari mengunaan penilaian formatif, penggunaan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan penskoran, melakukan remedi bagi nilai siswa yang belum memenuhi KKM.