Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Natasha Nurhaida, NIM 2817133118, dengan judul “Profil Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Kubus dan Balok Kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung” Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Kemampuan Matematika, Kubus dan Balok Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu standar proses belajar matematika. Kemampuan representasi matematis juga termasuk salah satu kemampuan matematis yang melibatkan proses berfikir atau salah satu tahap proses berfikir peserta didik.Dalam dunia matematika diperlukan kemampuan representasi gunamembantu mengekspresikan ide-ide yang dimiliki. Sehingga, dapat dipahami oleh orang lain. Hal ini juga diperlukan oleh seorang pendidik agar mengetahui bagaimana proses berfikir peserta didik. Maka sebagai pendidik harus memperhatikan hal tersebut, termasuk pada tingkat dasar. Karena peserta didik pada tingkat dasar sangatlah bervariasi pada proses berfikirnya dan juga dapat mempengaruhi bagaimana cara penyelesaian dalam suatu persoalan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana profil kemampuan representasi visual peserta didik dalam menyelesaikan soal kubus dan balok kelas VI MIN Tunggangri tahun ajaran 2016/2017?, (2) Bagaimana profil kemampuan representasi simbolik peserta didik dalam menyelesaikan soal kubus dan balok kelas VI MIN Tunggangri tahun ajaran 2016/2017?, (3) Bagaimana profil kemampuan representasi visual peserta didik dalam menyelesaikan soal kubus dan balok kelas VI MIN Tunggangri tahun ajaran 2016/2017?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan profil kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VI MIN Tunggangri dari kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 peserta didik yang terdiri dari masing-masing 2 peserta didik dari kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Pengelompokan tersebut didasarkan pada nilai Ulangan Harian. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan soal tes represenatsibentuk uraian sebanyak 4 soal kepada peserta didik. Setelah itu dilakukan wawancara kepada 6 subjek secara bergantian.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan persitent obsevation, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian: (1) Kemampuan representasi visual peserta didik kelas VI di MIN Tunggangri tergolong baik. Hal itu ditunjukkan dari peserta didik akademik tinggi dengan kategori sangat baik dan peserta didik akademik sedang dengan kategori baik. Sedangkan peserta didik akademik rendah dengan kategori kurang baik dalam representasi visualnya. (2) Kemampuan representasi simbolik peserta didik kelas VI di MIN Tunggangri tergolong cukup baik. Hal itu ditunjukkan dari peserta didik akademik tinggi dengan kategori sangat baik dan peserta didik akademik sedang dengan kategori baik. Sedangkan peserta didik akademik rendah dengan kategori sangat kurang baik dalam representasi simboliknya. (3) Kemampuan representasi verbal peserta didik kelas VI di MIN Tunggangri tergolong baik. Hal itu ditunjukkan dari peserta didik akademik tinggi dan akademik sedang dengan kategori sangat baik. Sedangkan peserta didik akademik rendah dengan kategori sangat kurang baik dalam representasi verbalnya.