ctrlnum 6596
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/</relation><title>PENGARUH PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH SISWA TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017</title><creator>LAILATUL MUBAROKAH, 2811133126</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Menengah</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; &#xD; Skripsi dengan judul &#x201C;Pengaruh Pendidikan Madrasah Diniyah Siswa terhadap Prestasi Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017&#x201D; ini ditulis oleh Lailatul Mubarokah, NIM : 2811133126 Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag, NIP. 19651215 200312 2 001&#xD; &#xD; Kata Kunci : Madrasah Diniyah, PAI, Prestasi Belajar&#xD; &#xD; Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena semakin rendahnya minat siswa terutama di kalangan siswa menengah untuk mengikuti pendidikan di madrasah diniyah. Padahal, madrasah diniyah hadir sebagai solusi terjadinya dekadensi moral yang kini marak terjadi di kalangan remaja Indonesia. Madrasah diniyah berfungsi sebagai tameng untuk melindungi generasi muda dari arus globalisasi yang kian lama kian tak terbendung lagi. Selain itu, ketika peserta didik mengikuti madrasah diniyah diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajarnya terutama untuk mata pelajaran PAI. Dalam hal ini, peneliti mengkorelasikan pendidikan madrasah diniyah siswa dengan prestasi mata pelajaran PAI di SMP Negeri1 Gondang Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.&#xD; Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan : (1) Pendidikan madrasah diniyah siswa SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung, (2) Prestasi siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri1 Gondang Tulungagung tahun ajaran 2016/2017, (3) Pengaruh madrasah diniyah siswa terhadap prestasi PAI. &#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi 216 siswa dan sebagai sampelnya yaitu sejumlah 135 siswa yang diambil secara acak. Variabel dalam penelitian ini adalah: pendidikan madrasah diniyah siswa sebagai variabel X atau variabel bebas dan prestasi mata pelajaran PAI sebagai variabel Y atau variabel terikat. Dalam penelitian ini, uji validitas dilakukan menggunakan product moment. Untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji regresi sederhana.&#xD; Dari hasil analisis data, penulis menarik kesimpulan sebagai berikut : [1] Berdasarkan hasil angket tentang kegiatan diniyah yang peneliti sebarkan, diperoleh nilai rata-rata sebesar 34,53 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa keikutsertaan siswa SMP Negeri 1 Gondang Tahun Ajaran 2016/2017 di madrasah diniyah tergolong tinggi. [2] Berdasarkan hasil daftar kumpulan nilai (DKN), prestasi siswa mata pelajaran PAI diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,16 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung Tahun Ajarann 2016/2017 adalah tinggi [3] Berdasarkan hasil uji signifikansi menggunakan Uji T diperoleh T hitung sebesar 9,205 dan T tabel sebesar 1,656. Jadi T hitung &#x2265; T tabel. Karena T hitung lebih besar dari T tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: &#x201C;Ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan madrasah diniyah siswa terhadap prestasi siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung tahun Ajaran 2016/2017.</description><date>2017-11-22</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/2/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/9/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><identifier> LAILATUL MUBAROKAH, 2811133126 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH SISWA TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ] </identifier><recordID>6596</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author LAILATUL MUBAROKAH, 2811133126
title PENGARUH PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH SISWA TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017
publishDate 2017
isbn 9782811133122
topic Agama
Pendidikan Menengah
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/2/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/4/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/5/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/6/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/7/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/8/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/9/BAB%20VI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6596/
contents ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Madrasah Diniyah Siswa terhadap Prestasi Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Lailatul Mubarokah, NIM : 2811133126 Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag, NIP. 19651215 200312 2 001 Kata Kunci : Madrasah Diniyah, PAI, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena semakin rendahnya minat siswa terutama di kalangan siswa menengah untuk mengikuti pendidikan di madrasah diniyah. Padahal, madrasah diniyah hadir sebagai solusi terjadinya dekadensi moral yang kini marak terjadi di kalangan remaja Indonesia. Madrasah diniyah berfungsi sebagai tameng untuk melindungi generasi muda dari arus globalisasi yang kian lama kian tak terbendung lagi. Selain itu, ketika peserta didik mengikuti madrasah diniyah diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajarnya terutama untuk mata pelajaran PAI. Dalam hal ini, peneliti mengkorelasikan pendidikan madrasah diniyah siswa dengan prestasi mata pelajaran PAI di SMP Negeri1 Gondang Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan : (1) Pendidikan madrasah diniyah siswa SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung, (2) Prestasi siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri1 Gondang Tulungagung tahun ajaran 2016/2017, (3) Pengaruh madrasah diniyah siswa terhadap prestasi PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi 216 siswa dan sebagai sampelnya yaitu sejumlah 135 siswa yang diambil secara acak. Variabel dalam penelitian ini adalah: pendidikan madrasah diniyah siswa sebagai variabel X atau variabel bebas dan prestasi mata pelajaran PAI sebagai variabel Y atau variabel terikat. Dalam penelitian ini, uji validitas dilakukan menggunakan product moment. Untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji regresi sederhana. Dari hasil analisis data, penulis menarik kesimpulan sebagai berikut : [1] Berdasarkan hasil angket tentang kegiatan diniyah yang peneliti sebarkan, diperoleh nilai rata-rata sebesar 34,53 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa keikutsertaan siswa SMP Negeri 1 Gondang Tahun Ajaran 2016/2017 di madrasah diniyah tergolong tinggi. [2] Berdasarkan hasil daftar kumpulan nilai (DKN), prestasi siswa mata pelajaran PAI diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,16 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung Tahun Ajarann 2016/2017 adalah tinggi [3] Berdasarkan hasil uji signifikansi menggunakan Uji T diperoleh T hitung sebesar 9,205 dan T tabel sebesar 1,656. Jadi T hitung ≥ T tabel. Karena T hitung lebih besar dari T tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: “Ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan madrasah diniyah siswa terhadap prestasi siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung tahun Ajaran 2016/2017.
id IOS7171.6596
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:02:39Z
last_indexed 2020-11-20T17:26:38Z
recordtype dc
_version_ 1683902399331172352
score 17.538404