PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MTsN TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- Rimasafitri, Peni Asri. 2814133146. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII MTsN Tulungagung. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika. Pembimbing: Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, multimedia interaktif, motivasi, hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Kajian ini dilatarbelakangi oleh motivasi dan hasil belajar siswa yang kurang optimal terhadap mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTsN Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah eksperimen dengan model desain eksperimen semu (quasi eksperimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling, dengan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Angket; 2) Tes; 3) Dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes untuk mengukur hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah t-test dan uji MANOVA dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis t-test terbukti bahwa nilai thitungmotivasi belajar siswa lebih besar dari ttabel yaitu 2,024 >1,995 pada taraf signifikansi 5% dan nilai thitung hasil belajar siswa lebih besar dari ttabel yaitu 2,313 >1,995 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis uji MANOVA terbukti bahwa Fhitung= 4,648>Ftabel = 3,13 pada taraf signifikansi 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTsN Tulungagung.