Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Berpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Gender Pada Masalah Open Ended Di Kelas VII C MTs Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Indah Puspita Sari, NIM 2814133086, pembimbing Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Gender, Open Ended. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kreatif siswa yang masih rendah dalam menyelesaikan masalah matematika. Setiap siswa baik laki-laki maupun perempuan tentunya mempunyai kemampuan berpikir yang berbeda-beda dimulai dari tingkat kemampuan berpikir dengan derajat terendah hingga tertinggi. Sejalan dengan hal tersebut, kemampuan berpikir kreatif siswa dapat diketahui dengan cara siswa menyelesaikan masalah matematika yang dihadapi, khususnya dalam menyelesaikan masalah open ended. Penyajian masalah open ended ini tentunya akan memacu kemampuan berpikir kreatif siswa terutama dalam hal ini adalah matematika. Adapun indikator tingkat kemampuan berpikir kreatif menurut Siswono meliputi: (1) kefasihan, (2) fleksibilitas, (3) kebaruan. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa laki-laki pada masalah open ended di kelas VII C MTs Darul Huda Wonodadi Blitar?, (2) bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa perempuan pada masalah open ended di kelas VII C MTs Darul Huda Wonodadi Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Lokasi dalam penelitian ini adalah MTs Darul Huda Wonodadi Blitar, sebagai sumber data 8 orang siswa yaitu 4 laki-laki dan 4 perempuan dari kelas VII C MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan data melalui ketekunan peneliti, triangulasi, pengecekan teman sejawat. Berpikir kreatif siswa kelas VII C MTs Darul Huda Wonodadi Blitar dalam menyelesaikan soal open ended berdasarkan indikator dari masing-masing tingkatan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berjenis kelamin laki-laki dalam menyelesaikan masalah open ended memiliki tingkatan berpikir kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan sedangkan siswa berjenis kelamin perempuan dalam menyelesaikan masalah open ended memiliki tingkatan berpikir kefasihan dan fleksibilitas.