Dampak Regulasi di Bidang TIK Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan

Main Author: Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I, 19650903199803
Format: Article PeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: Lemabaga Pengembangan dan Penjamin Pendidikan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Yogyakarta , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6437/1/Jurnal%208.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6437/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan jenis regulasi di bidang TIK yang disusun oleh SMK Sunan Rahmat di Tulungagung, dampak positif dan negatis yang terjadi, dan berbagai perubahan perilaku sosial siswa pasca regulasi TIK. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil participantion observation dan in-depth interview. Data dianalisis menggunakan langkah: penyajian data, penyaringan data, klasifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan berikut: (1) terdapat 4 regulasi TIK yang disusun, yaitu mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran di sekolah, membentuk ICT center, membentuk jejaring pendidikan siswa, mengembangkan TIK secara mandiri tanpa ketergantungan dari pihak lain; (2) terdapat pihak positif dan negatif regulasi pemanfaatan TIK, namun dampak positif lebih dominan, dan (3) perubahan perilaku sosial yang terjadi mayoritas bersifat positif.